Saudi Aramco Travel Show 2019, Indonesia Promosikan Wisata Alam

(Beritadaerah – Jakarta) Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  terus gencar melakukan promosi wisata di beberapa negara di dunia. Salah satunya adalah pameran pariwisata terbesar di Arab Saudi yakni Saudi Aramco Travel Show 2019. Dalam pameran ini Indonesia mempromosikan sejumlah destinasi wisata alam sebagai upaya untuk menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) Timur Tengah berkunjung ke tanah air. Pemilihan promosi sejumlah destinasi alam kepada wisman Timur Tengah karena umumnya menyukai pegunungan dan alam yang sejuk.

Melalui Kemenpar, Indonesia menjadi satu-satunya National Tourism Organization (NTO) yang akan mempromosikan destinasi pariwisata saat ajang Saudi Aramco Travel Show di Al Midra Tower, Dammam, Arab Saudi, yang digelar pada 31 Maret – 2 April 2019.

Dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (28/3), Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya mengatakan pihaknya menerapkan strategi “Shifting to the Front” atau menggeser ke depan anggaran promosi pariwisata termasuk salah satunya untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman) asal Timur Tengah khususnya Arab Saudi. Oleh karena itulah pihaknya mengalokasikan anggaran secara khusus untuk berpromosi dalam ajang Saudi Aramco Travel Show yang digelar di awal tahun.

“Berpromosi di Arab Saudi perlu terus dilakukan lantaran wisman di kawasan itu memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu fokus pasar di Timur Tengah,” kata Nia.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018 tercatat kunjungan wisman dari wilayah Arab Saudi sebanyak 165.895 atau turun 8,89% dibanding pada 2017 yang mencapai 182.086 wisman. Meskipun pada tahun 2018 lalu wisman Arab Saudi yang ke Indonesia menurun karena berbagai sebab, diantaranya adalah faktor bencana yang terjadi di Tanah Air.

Nia mengatakan bahwa pada 2019, kita menargetkan bisa mendatangkan setidaknya 200.000 wisman Arab Saudi berkunjung ke Indonesia. Dalam pameran tersebut akan dipromosikan berbagai destinasi menarik favorit wisman di kawasan Timur Tengah di antaranya destinasi wisata Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bali.

Berdasarkan karakteristik wisman asal Arab Saudi sendiri, lebih menyukai destinasi wisata alam, pegunungan dengan udara yang sejuk, suasana alam yang tenang, dan fasilitas akomodasi berbintang lima, ungkap Nia.

Di samping itu, Kemenpar juga akan menggelar “Sales Mission” sebagai rangkaian promosi pariwisata di kota Dammam pada 1 Maret 2019. Dalam sales mission tersebut ada 10 industri parwisata Indonesia yang akan bertemu dengan 50 buyers asal Dammam seperti Travel Agent hingga Wholesalers. Pada tahun 2019, Kemenpar telah menargetkan 20 juta kunjungan wisman ke Indonesia. Sedangkan pada tahun 2018, angka kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 15,8 juta.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.