Debat Capres Keempat Pilpres 2019, Seperti Apa Formatnya?

(Beritadaerah – Pilpres 2019) Hari ini, Sabtu 30 Maret 2019 akan berlangsung kembali Debat Capres dan Cawapres Pilpres 2019. Kali ini adalah debat keempat dengan kedua calon yang akan saling berhadapan yakni Capres 01 Joko Widodo dan Capres 02 Prabowo Subianto. Acara Debat Capres kali ini akan berlangsung pukul 20:00 WIB, di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Bagaimana format Debat Capres kali ini?

Tema yang akan diangkat dalam Debat Capres tersebut membahas Ideologi, Pemerintahan, Keamanan, dan Hubungan Internasional.

Debat dibagi enam segmen, yaitu, segmen pertama: penyampaian visi-misi; segmen kedua dan ketiga berisi pendalaman visi-misi capres lewat pertanyaan tim panelis. Dilanjutkan dengan segmen keempat dan kelima, yaitu para capres saling bertanya .

Segmen keempat dan kelima ini disebut dengan debat eksploratif, akan memakan waktu delapan menit dan diatur oleh moderator dengan cara membagi waktu bagi setiap kandidat berbicara. pertanyaan disusun oleh Tim Panelis yang telah disusun oleh KPU.  Segmen keenam atau  terakhir adalah pernyataan penutup.

Siapa sosok moderator Debat Capres malam ini?

Debat Capres malam ini akan dipandu oleh Moderator:  Retno Pinasti (SCTV) dan Zulfikar Naghi (Indosiar) yang ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU).

Retno Pinasti adalah pembawa acara siaran berita Liputan 6 SCTV, sedangkan Zulfikar Naghi merupakan pembawa acara berita Indosiar. Sebelum menjadi News Anchor, pria yang akrab dipanggil Zoel ini mengawali karirnya sebagai modelSaat ini  bekerja di Indosiar menjadi presenter berita FOKUS Update.

Kita saksikan bersama beberapa saat lagi melalui siaran Live Streaming Debat Capres dan Cawapres Pilpres 2019, Sabtu (30/3/2019), pukul 20:00 WIB, dari Hotel Shangri-La, Jakarta.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

 

 

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*