Jokowi dalam Visi Misinya: Diperlukan Pemerintahan Dilan – Digital Melayani

(Beritadaerah – Pilpres) – Dalam kesempatan giliran kedua Jokowi memaparkan visi misinya dengan sejumlah langkah konkret. Jokowi mangatakan: “Pancasila adalah kesepakatan para pendiri bangsa, para pemimpin-pemimpin bangsa dari berbagai daerah, berbagai organisme, berbagai suku, berbagai agama. Sebab itu menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga merawat dan menjalankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dalam berbangsa dan bernegara”.

Berikutnya, dengan menarik Jokowi menyampaikan bahwa kedepan diperlukan “Pemerintahan Dilan” yaitu “Digital Melayani.” Tepuk tangan terdengar di sela penyampaian misi.

Oleh sebab itu, katanya: “Diperlukan reformasi dalam pelayanan publik lewat elektronik. Diperlukan penajaman dan penyederhanaan kelembagaan, kualitas SDM Aparatur dan diperlukan reformasi tata kelola.”

Kemudian, dalam bidang pertahanan, Jokowi menyampaikan perlunya peningkatan kualitas SDM. Menurutnya, pengembangan kualitas SDM TNI sangat diperlukan, mutlak diperlukan terutama dalam hal penguasaan teknologi persenjataan dan cyber. Dengan tegas Jokowi menyatakan saat ini “Perangnya adalah perang teknologi, Alutsista dalam negeri sangat diperlukan.”

Jokowi juga menambahkan kalau kita belum mampu kita bisa melakukan joint produksi dengan negara-negara lain di luar negeri.

Dalam bidang hubungan Internasional, Jokowi dengan tajam mengatakan: “Kita harus tahu situasi dunia saat ini, penuh dengan ketidakpastian multilateralisme yang dilemahkan proteksionisme yang semakin meningkat.”

“Tetapi Indonesia harus berdiri tegak dan tetap menjalankan politik luar negeri yang bebas aktif, bebas menjalankan kepentingan-kepentingan nasional dan aktif dalam ikut dalam perdamaian dunia yang baik,” tutup Jokowi dalam sesinya yang sontak disambut tepuk tangan para pandukungnya.

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*