Jokowi di Lapangan Karebosi, Makassar (Photo: Dok. TKN)

Jokowi Mengguncang Makassar

(Beritadaerah-Pilpres 2019) Jokowi, yang terkenal tidak kenal lelah, bergegas melanjutkan agenda kampanyenya ke Sulawesi Selatan segera setelah Debat Keempat Capres selesai. Nurdin Abdullah, Gubernur Sulawesi Selatan menyambut Jokowi di Makassar.

Lapangan Karebosi-Makassar, Minggu (31/3/2019) nampak dipadati oleh ratusan ribu orang yang datang. Mulai dari jalan-jalan raya menuju Lapangan Karebosi dipadati oleh masyarakat. Sesuai dengan program TKN mengangkat budaya Indonesia dalam setiap kampanye, maka kampanye kali ini pun diisi oleh Kirab Budaya sepanjang jalan. Jokowi-Iriana nampak naik becak menuju Lapangan Karebosi.

Ratusan Ribu Orang di Makassar (Photo: Dok. TKN)

Lapangan Karebosi-Makassar, Minggu (31/3/2019) nampak dipadati oleh ratusan ribu orang yang datang. Mulai dari jalan-jalan raya menuju Lapangan Karebosi dipadati oleh masyarakat. Sesuai dengan program TKN mengangkat budaya Indonesia dalam setiap kampanye, maka kampanye kali ini pun diisi oleh Kirab Budaya sepanjang jalan. Jokowi-Iriana nampak naik becak menuju Lapangan Karebosi.

Naik Becak (Photo: Dok. TKN)

Selain disertai oleh Erick Thohir, Surya Paloh dan tim TKN lainnya, Jokowi juga disambut oleh tokoh-tokoh Sulawesi Selatan yaitu JK, Syahrul Yasin Limpo-Tim Penasehat Senior Presiden dan juga Caleg DPR RI 2019-2024, Nurdin Abdullah-Gubernur Sulawesi Selatan, Danny Pomanto-Walikota Makassar, Nurdin Halida.

Setibanya di Lapangan Karebosi, cuaca mendung nampak menaungi Makassar. 10 menit setelah Jokowi berorasi, hujan pun turunlah. Namun, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullar bersegera memayungi Jokowi dan tidak mempedulikan dirinya yang terguyur hujan. Namun demikian antusiasme masyarakat tidak menjadi surut dengan hujan.

Jokowi Kampanye Ditengah Hujan (Photo: Dok. TKN)

Sulawesi Selatan yang merupakan tanah kelahiran Jusuf Kalla, merupakan tempat yang spesial dan prioritas bagi kampanye Jokowi. Dalam orasinya Jokowi memulai dengan sapaan bahasa Makassar. Jokowi mengapresiasi Jusuf Kalla dan mengatakan selalu melibatkan Jusuf Kalla dalam mengontrol dan memonitor proyek-proyek besar. Segala hal diputuskan baik-baik, dengan hati-hati karena Indonesia adalah negara yang besar. Jokowi mengatakan. “ Tidak ada satu hal pun kita berbeda, terus berjalan beriringan dengan Pak Jusuf Kalla. Setiap kali saya mengambil keputusan sulit, saya pastikan saya diskusikan dengan Pak Jusuf Kalla agar keputusan itu baik untuk masyarakat, baik untuk seluruh rakyat Indonesia.”

Lapangan Karebosi Penuh Membludak (Photo: Dok. TKN)

Jokowi melanjutkan dengan menyinggung debat semalam bahwa Jokowi sangat bangga dengan TNI yang merupakan kekuatan besar untuk menjaga bangsa ini, kekuatannya nomor satu di ASEAN. Jokowi mengatakan “Saya 100% sangat percaya dengan TNI kita”.
Selain itu Jokowi juga mengatakan bahwa di Makassar ini telah dibangun jalur kereta api dari Makassar ke Pare-pare, yang diyakini akan memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat walaupun harus melalui tahapan-tahapan. Selain itu juga dibangun pelabuhan Makassar Newport, pembangkit listrik tenaga angin di Sidrap yang merupakan yang pertama di Indonesia, yang juga menyerap tenaga kerja yang besar. Menutup orasinya, Jokowi juga mengajak masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu-isu hoax yang ada, cross check fakta tentang isu-isu yang beredar.

Perkataan Jokowi disambut JK dengan mengajak rakyat Makassar memilih Jokowi yang menurutnya adalah sosok pemimpin yang tepat, merakyat, jujur dan demokratis untuk memimpin bangsa Indonesia. “Itu semua ada pada Jokowi. Jadi kita pilih siapa?” tanya JK. Masyarakat langsung dengan semangat menjawab “ Jokowi!!”

Just Kalla di Lapangan Karebosi, Makassar (Photo: Dok. TKN)

Vera Herlina/Journalist/BD

About Vera Herlina

Partner of Management and Technology Services Vibiz Consulting, Journalist Vibiz Media Network

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.