Sumedang Sudah Terang, ESDM Serahkan 1000 LTSHE & 150 PJU-TS

(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan bantuan 1.000 buah Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada masyarakat miskin belum berlistrik di Sumedang dan 150 penerangan umum tenaga surya (PJU-TS) untuk menerangi fasilitas umum Sumedang sebagai bagian dari komitmen pemerintah untuk melistriki seluruh negeri. Bantuan simbolis diberikan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Rida Mulyana dan Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana di Sumedang, Jawa Barat, Kamis (4/4).

“Ini hanya sebagian kecil dari komitmen pemerintah untuk melistriki negeri. Selain rasio elektrifikasi yang terus kita kejar, harga energi listrik pun harus terjangkau, sehingga masyarakat merasakan energi berkeadilan,” ungkap Rida Mulyana di sela-sela acara Sosialisasi Capaian Kinerja Sektor ESDM di Kabupaten Sumedang.

Lebih lanjut Rida menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian ESDM berkomitmen melistriki seluruh negeri dengan tarif listrik terjangkau. Upaya ini dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu bagi masyarakat yang tinggal di wilayah atau desa yang dekat dengan instalasi tenaga listrik dengan cara perluasan jaringan listrik PLN dari desa berlistrik terdekat. Cara kedua, bagi masyarakat yang tinggal bersama dalam wilayah atau desa, tetapi jauh dari instalasi tenaga listrik yang ada, solusinya adalah dengan pembangunan microgrid offgrid. Cara terakhir, untuk masyarakat yang tinggal terpencar pada suatu wilayah/desa dan jauh dari instalasi tenaga listrik, cara melistrikinya adalah dengan memberikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Upaya melistriki masyarakat tersebut membuahkan hasil positif, dimana rasio elektrifikasi (perbandingan rumah tangga berlistrik dengan total rumah tangga) dari tahun ke tahun terus meningkat. Hingga akhir tahun 2018, rasio elektrifikasi nasional mencapai 98,3%. Rasio elektrifikasi Provinsi Jawa Barat bahkan lebih tinggi dari angka nasional, yaitu 99 %, sedangkan Kabupaten Sumedang mencapai angka 99%.

Penyerahan LTSHE dan PJU-TS ini pun disambut gembira oleh masyarakat Sumedang. Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyampaikan masih ada 5.054 rumah tangga miskin di Sumedang yang belum berlistrik. Ia berharap warganya tersebut dapat segera terlistriki mengingat ada ada beberapa lokasi yang ongrid maupun offgrid.

“Pemerintah Kabupaten Sumedang akan segera melakukan pendataan berdasarkan nama dan alamat calon penerima manfaat untuk akuntabilitas data penerima,” ungkapnya.

Saat ini, sistem kelistrikan di Kabupaten Sumedang disuplai oleh GITET 500 kV Tasikmalaya dan PLTP Kamojang, PLTP Drajat dan PLTP Wayang Windu, ke depannya pemerintah bersama PT PLN (Persero) akan membangun PLTA Jatigede berkapasitas 2 x 55 MW dan direncanakan beroperasi komersial (COD) pada tahun 2020, serta PLTP Tampomas (45 MW) yang direncanakan beroperasi komersial tahun 2025.

Source : esdm

About Agustinus Purba

Agustinus Purba is an Editor of beritadaerah.co.id and Partner in Business Advisory Services of Vibiz Consulting. He also working as Trainer at LEPMIDA. Moreover, he also experienced as Content Creator at marketing field through social media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.