Jokowi di Stadion Sriwedari Solo (Photo: Deo/ Kontributor BD)

Jokowi di Stadion Sriwedari Solo: “Saya Nggak Ragu Solo Minimal 90% Suara”

(Beritadaerah – Pilpres 2019) Capres 01 Joko Widodo sore ini (9 April 2019) menghadiri kampanye akbar di Stadion Sriwedari, Solo. Para pengunjung memadati area stadion dan sekitarnya sejak siang hari. Warga ingin menyatakan dukungannya terhadap Joko Widodo sebagai bapaknya wong Solo, demikian juga penghargaan dan kebanggaannya sebagai warga kampung halaman Jokowi.

Setibanya di Stadion Sriwedari dari arak-arakan, Addie MS memimpin lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh ustad Yusuf Mansyur yang mendoakan supaya pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 – 2014.

Begitu tiba di panggung, para pendukung menyambut dengan meneriakkan “Jokowi lagi…Jokowi lagi…Jokowi lagi”, sampai Jokowi harus berhenti sebentar untuk memulai orasinya. Hadir bersama rombongan Jokowi, Iriana Jokowi, Megawati Sukarnoputri, Puan Maharani, Erick Thohir, para ulama, tokoh masyarakat, dan Walikota Solo FX. Rudyanto.

Kampanye Jokowi di Stadion Sriwedari Solo (Photo: Deo/ Kontributor BD)

“Pripun kabaripun? Sae?”, demikian dengan senyuman ramah dan semangat Jokowi mengawali orasinya.
Jokowi menyampaikan bahwa Solo kota yang penting karena di Solo inilah pada tahun 2005 dia memulai karirnya di bidang pemerintahan, lalu tahun 2010 dibawa Megawati ke Jakarta, dan menjadi Gubernur DKI Jakarta. Baru menjabat belum sampai 3 tahun dicalonkan menjadi Presiden, sampai saat ini.

Kepada para pendukung Capres 01 mengatakan bahwa Jawa Tengah tahun 2014 mendapatkan 66% suara . Tahun ini minimal ditargetkan mencapai 70%. “ Untuk Solo 2014 88% sekarang dapat berapa nanti?”, tanyanya kepada para pendukung yang dijawab minimal 90%. “Yang mau minimal 90% angkat tangannya”, kata Jokowi disambut dengan teriakan siap dan angkat tangan seluruh pendukung.
“Ya, nggak ragu saya kalau seperti ini”, balas Jokowi dari atas panggung.

Khusus untuk pendukung di Solo, Jokowi mengingatkan untuk berhati-hati karena Jawa Tengah akan sangat menentukan menang dan tidaknya Capres 01.
“Harus kerja keras, waktunya tinggal 8 hari. Karena tambahan prosentase elektabilitas Jawa Tengah akan kita pakai untuk menutup tempat lain. Siap?”, demikian Jokowi dengan lantang menantang komitmen pendukung yang dijawab serentak: ”Siap”.

Diingatkan juga bahwa masyarakat kota Solo sudah menikmati fasilitas jalan tol. Dulu dari Solo ke Semarang harus ditempuh selama 3 jam, kini hanya 40 menit.

Selanjutnya Capres 01 ini menjelaskan mengenai Kartu KIP Kuliah melanjutkan KIP SMA/SMK, yang akan dipakai untuk mendukung biaya kuliah baik di dalam maupun luar negeri. Kedua, Kartu Pra Kerja untuk yang belum mendapatkan pekerjaan yang akan ditraining lebih dulu, yang belum mendapatkan pekerjaan akan diberikan insentif honor. Ketiga, Kartu Sembako Murah. Semua kartu ini akan direalisasikan tahun depan.

Jokowi juga mengajak seluruh warga Solo Raya dalam waktu yang tinggal 8 hari ini, kalau ada kabar hoaks, bohong, fitnah harus dikubur. Banyak sekali berita hoaks dari pintu ke pintu dan medsos, seperti nanti kalau Jokowi-Kiai Haji Ma’ruf Amin menang maka pelajaran agama ditiadakan, pernikahan sejenis dilegalkan dan adzan dilarang. “Kita akan lawan hoaks, yang berani tunjuk jari. Kita harus luruskan kalau ada berita hoaks”, pesan Jokowi.

“Yang terakhir saya titip, tanggal 17 April ajak teman dan saudara sekampung untuk berbondong-bondong ke TPS pakai baju putih, karena yang dicoblos bajunya putih”, demikian Jokowi mengakhiri orasinya.

Acara kampanye terbuka di Stadion Sriwedari Solo ini ditutup dengan simulasi pencoblosan untuk Paslon 01 oleh Jokowi dan Iriana Jokowi.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.