Jokowi-Amin: Tingkatkan Hilirisasi dan Industrialisasi, Prabowo-Sandi: Reorientasi Pembangunan

(Beritadaerah – Pilpres 2019) Debat Capres-Cawapres 2019 kelima atau terakhir yang berlangsung malam ini (13/4) di Hotel Sultan, Jakarta, mengambil topik sesuai yang ditetapkan oleh KPU yakni Ekonomi, Kesejahteraan, Keuangan dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.

Pada segmen tanya jawab antar paslon, untuk topik pertama Ekonomi, pertanyaan yang disampaikan oleh para panelis adalah: “Indonesia dikenal sebagai negara maritim dan agraris. Namun demikian daya beli petani dan nelayan yang pada umumnya tinggal di pedesaan. Mengalami penurunan sebagai akibat dari rendahnya harga komoditas pertanian seperti karet sawit, kopra dan gula serta komoditas perikanan pada umumnya. Hal tersebut disebabkan antara lain karena kebijakan ekonomi negara maju yang agresif serta tata kelola dan tata niaga komoditas pertanian dan perikanan yang masih konvensional. Pertanyaannya: apa strategi dan kebijakan konkrit untuk menjaga stabilitas harga komoditas pertanian dan perikanan sehingga sektor ini menarik bagi milenial untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim dan agraris yang terkemuka di dunia kita?

Paslon 01 mendapat kesempatan pertama untuk menjawab. Jokowi mengatakan bahwa kita sudah terlalu lama mengandalkan komoditas kepada pasar pasar luar negeri dan terlalu lama mengekspor dalam bentuk raw material, baik itu karet, kelapa sawit, perikanan maupun komoditas pertanian.

“Strategi ke depan, baik di bidang perikanan maupun di bidang pertanian adalah hilirisasi dan industrialisasi. Perlu dibangun industri perikanan sebanyak-banyaknya, pengolahan dan pengalengan ikan, sehingga kita mengekspor dalam bentuk barang-barang olahan, sudah dengan packaging dan branding disini”, demikian Jokowi menegaskan strateginya.

Begitu juga untuk komoditas perkebunan, akan dilakukan strategi hilirisasi untuk mencegah agar ekspor Indonesia tidak dalam bentuk mentahan, tetapi minimal barang setengah jadi bahkan dalam bentuk barang jadi.

Dan juga untuk bidang-bidang yang berkaitan dengan produk pertanian, Jokowi menyampaikan bahwa anak muda sekarang sudah membangun ekosistem online tehadap pasar, yang bisa disambungkan dengan ekosistem offline dari produk-produk pertanian. Ini akan memudahkan petani-petani langsung berhubungan dengan konsumen, berhubungan dengan pembeli lewat digital online.

Capres 02 Prabowo, menyatakan bahwa justru di sini letak masalah di mana ekonomi kita sudah salah arah, terjadi deindustrialisasi karena tidak adanya strategi yang dijalankan oleh pemerintah. Infrastruktur yang dibangun dikuatirkan mempermudah barang luar masuk ke Indonesia bukan barang Indonesia yang keluar. Jadi perlu ada reorientasi strategi pembangunan.

Cawapres 02 Sandiaga Uno menambahkan kuncinya adalah kewirausahaan dan kepastian usaha, kepastian hukum sehingga investasi yang diperlukan untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi terwujud.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*