Antusias Dan Kegembiraan Warga Mencoblos

(Beritadaerah – Pilpres 2019) Tiba saatnya hari pencoblosan 17 April 2019. Sebagai warga datang ke TPS nampak berbeda dengan pengalaman datang ke TPS pada pemilu-pemilu sebelumnya. Hari masih pagi, belum pukul 7 pagi namun masyarakat telah ramai tiba di TPS.

Salah satunya di TPS 79 Meruya Selatan Kembangan, para petugas berpakaian batik yang nampak rapih dan mereka mempersiapkan pencoblosan hari ini dengan sangat hati-hati. Sejak pembukaan hingga mulai pencoblosan cukup memakan waktu, nampak setiap kotak suara berisi seperangkat surat suara dan juga perlengkapan pendukung lainnya.

Warga antri memberikan hak suaranya sejak pagi (Photo: Fadjar AD/ BD)

Petugas KPPS harus membuka 4 kotak suara, karena DKI memang tidak memilih wakil untuk kabupaten kota. Setiap surat suara harus dihitung berulangkali agar jumlahnya sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dan pemilih tambahan. Sekitar 45 menit kemudian barulah warga yang hendak memilih segera menyerahkan formulir C-6 dan KTP dan mengantri satu demi satu masuk kotak suara untuk mencoblos hingga menaruhnya dalam kotak-kotak pemungutan suara. Mungkin dibutuhkan waktu 3-5 menit per orang, dan semua memasukkan jarinya dengan tinta ungu tanda sudah mencoblos.

Kegembiraan Warga setelah mencoblos (Photo: Agus Kusumarmanto/ Kontributor BD)

Di beberapa TPS nampak antrian cukup ramai di pagi hari, masyarakat masih terus berdatangan dengan semangat. Kegembiraan juga nampak pada wajah-wajah pemilih pada pagi ini Rabu 17 April 2019 di Jakarta. Dan sampai berita ini diturunkan masyarakat masih duduk menunggu giliran untuk mencoblos, menunjukkan antusias warga untuk mencoblos.

Kegembiraan warga setelah mencoblos (Photo: Fadjar AD/ BD)

Sesudah mencoblos banyak warga masih berfoto dengan kerabat dan lainnya, suasana aman dan menyenangkan merupakan kedewasaan demokrasi yang berlangsung di Indonesia.

Emy T/Journalist/BD
Editor : Emy Trimahanani

 

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.