Mengintip Instrumen dan Cara Kerja TKN Memantau Suara Hasil Pilpres 2019

(Berita Daerah – Pilpres) – Untuk memantau perkembangan suara hasil pilpres 2019 dari penghitungan TPS seluruh Indonesia yang berjumlah 813.350 TPS dan sampai pada rekapitulasi di kecamatan, kabupaten dan provinsi, Tim Kampanye Nasional (TKN) memiliki posko Real Count yang hampir sama dengan apa yang dilakukan KPU.

Posko Real Count dari TKN ini memiliki anggota tim sebanyak 250 orang, bekerja 3 shift per hari. Tim ini sudah bekerja sejak H-5 pilpres berkoordinasi dengan saksi-saksi TKN yang tersebar di seluruh TPS serta koordinator saksi di tingkat kecamatan. Hari ini, Minggu 21 April 3019, sudah H+3 menjalani tugas melakukan entry data dari C1 yang dimiliki saksi-saksi TKN seluruh Indonesia.

Sebelum tim ini dibentuk, TKN secara organisatoris sudah melakukan pelatihan-pelatihan terhadap saksi-saksi TKN seluruh Indonesia selama kurang lebih 2 bulan dan kini mereka menjadi sumber dari data TKN untuk menghitung hasil suara tiap TPS.

Wakil Direktur Direktorat Saksi TKN Lukam Edi membuka instrumen apa yang digunakan oleh TKN sebagai media informasi hasil suara yang dimiliki oleh saksi TKN di setiap TPS, Lukman menyampaikan mereka memiliki aplikasi yang berbasis android bernama JAMIN. Aplikasi digunakan saksi untuk menginput data hasil dari TPS juga sebagai monitoring perkembangan di setap provinsi berkenaan dengan perolehan suara pasangan Jokowi-Amin, termasuk laporan-laporan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di tiap TPS.

Lukman Edi juga menjelaskan sumber data yang akan dinput oleh posko real count yang diberi nama “War Room Real Count”. Pertama melalui aplikasi Jamin untuk saksi, kedua melalui sms centre 90101 dan ketiga melalui rekaman foto C1. Semua sumber ini diolah sehingga layak dijadikan hasil suara setiap TPS.

Kemudian di War Room Real Count juga dikumpulkan hard copy dari C1 yang memakan waktu lama sekitar 1 bulan dan sudah disiapkan 100 box untuk mengumpulkan C1. Semuanya ini selain untuk memonitoring hasil pemungutan suara juga menyimpan barang bukti kalau misalnya ada perkara di Mahkamah Konstitusi berkenaan dengan masalah pemungutan suara.

 

Jul Hutabarat/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Jul Allens

Jul Allens is Editor in Vibiznews.com and as Senior Commodity Researcher of Vibiz Research Center, that makes market analysis (fundamental & technical) and research of global commodities. Since 2004 he has also active as a national leadership trainer - Vibiz Learning Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.