Posko War Room Real Count TKN Koalisi Indonesia Kerja Joko Widodo – Ma’ruf Amin (Photo: Daniel Sipahutar/BD)

Posko “War Room Real Count” TKN Koalisi Indonesia Kerja Joko Widodo – Ma’ruf Amin

(Beritadaerah – Pilpres 2019) Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja Joko Widodo-KH Maruf Amin mengumumkan adanya posko real count yang berlokasi di Hotel Gran Melia Jakarta untuk merekapitulasi suara hasil pilpres 2019 tanggal 17 April dari 813.350 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pengumuman posko yang dilakukan di tempat yang sama, dihadiri oleh Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko, Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto serta Wakil Direktur Direktorat Saksi TKN Lukman Edi.

Membuka ekspose malam ini Moeldoko menyampaikan tentang aplikasi Jamin yang digunakan di posko real count ini, dengan keunggulan antara lain data pada aplikasi Jamin ini tidak ada restricted area, jadi semua orang bisa melihat datanya dan bahkan bisa bertanya.
“Kami ingin sebuah proses demokrasi ini kita warnai dengan baik, dengan kejujuran, dengan transparansi yang bertanggung jawab, dengan akuntabilitas”, demikian Moeldoko menjelaskan.

Moeldoko di Posko War Room Real Count TKN Koalisi Indonesia Kerja Joko Widodo – Ma’ruf Amin (Photo: Daniel Sipahutar/BD)

Sementara Wakil Direktur Direktorat Saksi TKN Lukman Edi menjelaskan tentang aplikasi bernama JAMIN milik Direktorat Saksi TKN ini sebagai sebuah aplikasi pelaporan saksi yang direkap mulai dari TPS. “Aplikasi ini memudahkan saksi untuk melaporkan hasil penghitungan suara serta foto C1 dari TPS,” kata Lukman Edi.

Posko War Room Real Count TKN di Hotel Gran Melia ini memiliki anggota tim sebanyak 250 orang, bekerja 3 shift per hari. Tim penghitungan suara ini sudah bertugas selama sepekan ini dan sampai saat ini yang sudah masuk sebanyak 134.077 C1 dengan posisi jumlah suara Jokowi-Amin 55,16%.  Mereka menargetkan akhir bulan April selesai menghitung semua hasil penghitungan suara TPS.

Hingga saat ini penghitungan suara nasional sementara mencapai 14.66% dari total 813.350 TPS seluruh Indonesia. Sesuai data aplikasi yang bisa dimonitor real time, total data suara yang masuk per hari ini (Minggu, 21 April 2019) jam 16.30 wib adalah 119.216 dari 813.350 TPS dengan total perolehan suara 23.847.734 suara.

Perolehan sementara ini menunjukkan paslon 01 Jokowi-KH Maruf Amin 55,16% (13.155.012 suara) mengungguli Paslon 02 Prabowo – Sandiaga Uno yang mendapatkan hasil 44,84% (10.693.723 suara). Hasil rekapitulasi suara TKN hampir sama dengan perolehan KPU, hanya sedikit berada di atas hasil KPU. Ini menandakan bahwa perhitungan tim TKN sejalan dengan apa yang dilakukan KPU.


 

Jul Hutabarat/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.