Birunya Pantai Senggigi Lombok Yang Eksotik

(Beritadaerah-kolom) Pantai Senggigi di pulau Lombok memiliki daya tarik tersendiri untuk para pencinta wisata Bahari. Pantai ini sudah cukup tersohor di seluruh dunia, banyak warga negara Eropa, Amerika, dan negara lainnya sudah datang berkunjung kesini, bahkan karena begitu jatuh hati pada keindahannya maka ada beberapa orang dari mereka memutuskan tinggal disana. Senggigi terletak di kecamatan Batu Layar, kabupaten Lombok Barat dan sebagian Lombok Utara, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Bila berjalan dari Bandara Internasional Lombok maka keindahan pantai Senggigi sudah dimulai selepas Ampenan yang dahulunya merupakan pusat kota di Pulau Lombok.

Sepanjang pantai Senggigi sudah berdiri hotel, resort, penginapan dan berbagai fasilitas pariwisata lainnya, toko-toko ritel seperti Alfa Mart, kedai kopi, tempat penyewaan kendaraan bahkan transportasi taksi seperti Bluebird juga sudah siap sedia mengantarkan para wisatawan. Kalau soal wisata kuliner, Senggigi menyediakan berbagai macam sajian enak yang memanjakan wisatawan. Mulai dari kelapa muda yang manis, ikan bakar, ayam taliwang, bebalung dan makanan khas lainnya tersedia disana.

Beberapa waktu yang lalu memang sekitar daerah ini terkena becana gempa bumi, banyak bagiannya yang retak, namun tempat ini tidak menjadi sepi dikunjungi oleh wisatawan. Di resort Katamaran dimana saya tinggal, terbilang tidak berhenti kunjungan wisatawan asing setiap harinya. Kenangan yang diciptakan Senggigi memang menimbulkan kesenangan yang sulit dilupakan, setiap pagi sejak terbitnya matahari, deburan ombak dilekukan pantainya membawa ketenangan tersendiri. Bermain dipantai dengan selancar, canoe, kapal layar kecil, berenang, snorkeling, atau sekedar bermain pasir membawa kesenangan yang melepaskan segala kepenatan, sehingga tanpa terasa hari begitu cepat berlalu.

Resort disana rata-rata menyediakan kolam renang yang berbatasan langsung dengan pantai, dengan dekorasi kolam yang berwarna biru laut, membuat sulit membedakan pantai dan kolam renang. Balutan kolam dengan kaca yang membuat tembus pandang, membuat kolam renang nampak eksotik dan menarik. Banyak wisatwan mengambil foto mereka berenang dibawah air yang nampak terlihat melalui dinding kaca kolam renang. Menjelang sore hari Senggigi menampilkan pemandangan indah terbenamnya matahari yang membuat langit nampak kuning keemasan. Menikmati terbenamnya matahari dilakukan dengan macam-macam cara, salah satunya adalah berada di ketingggian dari Klif – Katamaran tempat kongko-kongko dengan sajian makanan Eropa dan kopi yang nikmat.

Senggigi menyimpan banyak sekali obyek wisata disekitarnya yang mungkin tak habis dinikmati dalam seminggu, tidak jauh dari Senggigi ada tiga Gili yang sudah terkenal dengan keindahannya, dan dipastikan tidak akan sepi bila berada disana karena suasana ceria hingga larut malam. Terdapat pula daerah yang tepat untuk menikmati ketenangan dan memandang keindahan bawah laut di Gili Nanggu yang berjarak satu jam dari Senggigi. Kalau masih kuat untuk mendaki gunung terdapat juga Gunung Rinjani yang memukau keindahannya. Wah kenangan terhadap Senggigi tidak dapat saya lupakan, sekalipun saya sudah beberapa kali kesana, rasanya selalu ada yang baru pada saat tiba di pantai Senggigi yang eksotik nan indah .

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.