Alun Alun Tasikmalaya, Nyaman dan Asri

Alun Alun Tasikmalaya ini merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi kalau Anda berada di kota Tasikmalaya. Lokasinya ada di tengah kota dan suasananya sangat asri, banyak penduduk yang datang dan menikmati alun alun tersebut. Pohon-pohon yang rindang dan taman yang tertata dengan baik menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang. Warga kota Tasik cukup sering melakukan aktifitas di lokasi ini. Mereka bisa duduk santai, bercengkrama satu dengan yang lainnya, ada juga sambil berjalan sore atau berolahraga disana.

(Photo: Asido/BD)

(Photo: Asido/BD)

Alun Alun Tasikmalaya ini juga memiliki Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak yang berdiri di tengah taman, berhadapan dengan Pendopo Lama Tasikmalaya.Tugu biasanya berupa pahlawan, manusia-manusia hebat seperti ahli filosofi bahkan tokoh agama atau manusia yang dianggap telah berjasa untuk masyarakat luas.

(Photo: Asido/BD)

Tugu ini dibuat untuk mengenang perjuangan Mak Eroh dan Abdul Rozak. Keduanya telah menerima penghargaan di bidang lingkungan hidup pada masa pemerintahan Orde Baru. Mak Eroh adalah seorang petani berusia 51 tahun yang berhasil membuat irigasi pada gunung cadas selama 45 hari dengan alat belincong dan cangkul. Sedangkan Abdul Rozak adalah seorang petani yang berhasil membuat terowongan pada sebuah bukit untuk mengalirkan air pada sawah warga. Selain itu di tugu tersebut juga dihiasi berbagai relief yang menceritakan bagaimana kehidupan masayarakat Tasikmalaya yang memiliki banyak sekali kerajinan.

(Photo: Asido/BD)

(Photo: Asido/BD)

Banyak hal yang Anda bisa temukan ketika datang berkunjung ke Alun Alun Kota Tasikmalaya. Dimulai dari Anda akan melihat Tugu Mak Eroh dan Abdul Rozak berdiri kokoh, menghadap ke arah selatan dengan tangan menunjuk sambil memanggul bendera bertuliskan Kalpataru. Dilengkapi dengan pepohonan yang rindang serta jalanan yang bersih membuat Anda merasa nyaman untuk menikmati udara di pagi atau sore hari.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.