Kemenpar Undang Agen Perjalanan Wisata Singapura dan Thailand ke Jatim

(Beritadaerah – Jakarta) Singapura dan Thailand merupakan pasar yang potensial untuk digarap bagi pariwisata Indonesia. Terkait hal tersebut Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengundang agen perjalanan wisata dan media asal Singapura dan Thailand untuk mengikuti kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) ke beberapa destinasi di Jawa Timur, pada 30 April – 5 Mei 2019.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati mengatakan bahwa Famtrip ini berkesinambungan dengan Majapahit Travel Fair yang dilaksanakan pada 4 Mei 2019 di Surabaya, Jawa Timur.

“Diharapkan melalui kegiatan ini peserta Famtrip bisa mendapatkan mitra kerja sama untuk menjual paket wisata Jatim ini ke wisman atau ekspatriat di Singapura dan Thailand melalui event B to B Majapahit Travel Fair,” kata Dessy dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Senin (6/5).

Dessy mengatakan, Famtrip kali ini juga didukung Pemda Banyuwangi dan diikuti oleh 23 Travel Agent (TA)/Tour Operator (TO) dan Media yang terdiri dari 11 partisipan Singapura (9 TA/TO, 1 Media, 1 VITO) dan 12 partisipan dari Thailand (10 TA/TO, 1 Media, 1 VITO) dengan destinasi yang dituju mulai dari Kawah Ijen, Gunung Bromo, Pantai Merah, hingga Hutan Trabas (De Djawatan).

Famtrip ini juga sebagai upaya mempromosikan pariwisata minat khusus petualangan atau adventure di Jawa Timur kepada pasar Singapura dan Thailand. Untuk tahun 2019, Kemenpar menargetkan Singapura bisa menyumbang 4 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Maret 2019, wisatawan Singapura menempati urutan kedua terbanyak datang ke Indonesia setelah Malaysia. Tahun 2019, pemerintah menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Sedangkan pada tahun 2018, jumlah wisman yang datang ke nusantara mencapai 15,8 juta kunjungan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.