Wapres Jusuf Kalla : SDM Ditingkatkan Untuk Memajukan Bangsa

(Beritadaerah – Jakarta) Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 telah dibuka resmi pada hari Kamis (9/5) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Gubernur, para Bupati/Walikota, serta pemangku kepentingan pembangunan lainnya.

Musrenbangnas ini digelar dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2020, forum tahunan yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas yang bertujuan untuk menyampaikan informasi arah prioritas pembangunan nasional satu tahun ke depan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan daerah maupun non pemerintah. Forum ini juga untuk menajamkan dan sinkronisasi program/kegiatan Prioritas Nasional (PN) antara Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah sebagai bentuk upaya penyelarasan rencana pembangunan nasional dengan rencana pembangunan daerah.

Pada penutupan gelaran hari pertama forum Musrenbangnas 2019, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan sebagaimana telah disampaikan pada saat pembukaan pagi ini, Musrenbangnas tahun ini sangat istimewa dan berbeda dengan tahun sebelumnya. Pagi hari ini Presiden Jokowi telah meluncurkan Visi Indonesia 2045.

“Pada tahun 2045, Indonesia bisa menjadi negara dengan pendapatan tinggi atau negara maju dengan PDB terbesar kelima di dunia. Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang unggul, berbudaya serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ekonomi yang maju dan berkelanjutan, pembangunan yang merata dan inklusif, serta negara yang demokratis, kuat, dan bersih,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Menurut Bambang Brodjonegoro, untuk mewujudkan hal itu ada beberapa terobosan dan inovasi yang harus dilakukan diantaranya : penggunaan teknologi seperti teknologi digital, nano teknologi, cloud teknologi, telemedicine dan drone, energi baru dan terbarukan, tata kota modern, konektivitas digital dan virtual, revolusi industri 4.0, mass rapid transport, tenaga kerja berkompetensi global, serta dukungan perizinan cepat dengan dukungan teknologi. Pada intinya Indonesia akan memanfaatkan kemajuan teknologi dan inovasi tinggi bagi pembangunan.

Selanjutnya Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk memberikan sambutan dan pengarahan kepada para peserta yang hadir dalam penutupan gelaran hari pertama forum Musrenbangnas 2019.

Dalam sambutannya Wapres Jusuf Kalla menyampaikan apa yang menyebabkan suatu negara maju dan tidak. Dulu Korea Selatan keadaan ekonominya sama dengan Indonesia. Sekarang Indonesia kalah jauh dengan Korea Selatan.

Ditambahkan oleh Wapres bahwa ada yang mengatakan suatu negara dapat maju bila memiliki sumber daya alam (SDA) yang besar. Hal itu bisa benar juga, tapi Jepang tidak punya SDA tapi menjadi negara maju. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa negara maju bukan karena SDA, bukan karena sejarahnya, dan bukan karena penduduknya. Dulu negara China menganggap jumlah penduduk yang besar sebagai beban, kemudian merubah cara pandangnya dengan mengatakan justru jumlah penduduk yang besar tersebut sebagai sumber daya yang luar biasa jika diberi semangat dan pengetahuan yang tinggi.

Wapres Jusuf Kalla menekankan bahwa Tahun 2019 ini, spirit atau semangat yang ingin ditingkatkan adalah bagaimana SDM di Indonesia bisa ditingkatkan dengan semangat yang tinggi untuk memajukan bangsa.

Menutup sambutannya Wapres Jusuf Kalla berharap bahwa daerah sebagai ujung tombak dapat menggunakan anggaran dengan sebaiknya sehingga memberikan multiple effect bagi bangsa.

Musrenbangnas 2019 ini akan berlangsung di Jakarta dari tanggal 9 Mei sampai dengan 14 Mei 2019.


Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*