Berkunjung Ke Perpustakaan Tertinggi Di Dunia

(Beritadaerah-Kolom) Membayangkan perpustakaan biasanya banyak orang langsung memikirkan sebuah tempat yang tidak terlalu nyaman. Penuh tumpukan buku dan akan membosankan berada disana. Namun berbeda sangat mengunjungi Perpustakaan nasional yang berada di jalan Merdeka Selatan Jakarta. Hebatnya perpustakaan nasional milik bangsan Indonesia ini adalah perpustakaan tertinggi di dunia lho!

Kesan pertama saat memasuki perpustakaan nasional pengunjung merasakan sajian yang memukau dengan desain interior perpustakaan yang nasionalis. Perpustakaan dengan 27 lantai ini ditata denan apik dan menarik sehingga pengunjung dipastikan tidak bosan dan ingin kembali lagi. Foto Presiden Soekarno dan wakilnya Mohammad Hatta terpampang besar sesudah kita melewati gerbang perpustakaan. Tertulis disana “membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna” demikian kata-kata yang tertulis dibawa foto Mohammad Hatta.

Selepas foto tokoh proklamator Indonesia tersebut kita akan disuguhkan foto-foto presiden Jokowi dengan kegiatan kenegaraannya di lorong menuju gedung utama. Terpampang disana foto hari hut TNI ke 71, foto bersama Raja Salman dari Saudi Arabia, dan berbagai foto peresmian yang dilakukan presiden Jokowi. Disamping itu tatanan indah yang menggugah minat pengunjung untuk membaca ada disana. Misalnya terdapat sudut ruang peristiwa membaca dilengkapi dengan meja unik dan tempat duduknya. Juga tersedia sudut dekorasi yang menggambarkan ruang membaca dengan lemari buku yang menarik.

Menuju gedung utama, perpustakaan nasional dilengkapi dengan taman yang memanjakan pengunjung dengan tempat duduk untuk membaca dan berdiskusi. Terlihat banyak orang duduk menikmatinya sambil membaca buku yang sudah pasti memberikan kenyamanan, sambil melahap dengan asyik buku-buku pilihan mereka. Perpustakaan nasional dilengkapi dengan rak buku tertinggi di dunia yang akan terlihat saat kita berada di lobby perpustakaan.

Perpustakaan Nasional (perpusnas) merupakan perpustakaan dengan ketinggian hingga 126,3 meter, karenanya perpusnas menjadi perpustakaan tertinggi di dunia dengan 27 lantai dan 3 buah ruang bawah tanah. Luas area perpustakaan ini 11.975 meter persegi dengan bangunan seluas 50.917 meter persegi. Dari lantai 24 akan terlihat jelas area monumen nasional (Monas) yang menjadi pemandangan bagi pengunjung di Executive Lounge. Perpustakaan ini menyediakan ruangan khusus untuk anak-anak yang berlokasi di lantai 7, di lantai 14 menyimpan koleksi buku langka, dan lantai 21 hingga 24 disediakan buku-buku umum bagi pengunjung.

Jangan lupa sebelum berselancar ke lantai-lantai perpustakaan nasional, pengunjung wajib menitipkan barang mereka di lantai 1 dan memiliki kartu anggota yang dapat diperoleh di lantai 2 untuk registrasi dengan kuota 300 anggota per hari, jadi harus cepat daftar ya. Tunggu apa lagi, ayo segera saja kita kunjungi perpustakaan nasional kebanggaan warga Jakarta dan Indonesia tentunya, sambil berekreasi sekaligus menimba ilmu supaya jadi orang pandai.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.