Kemenpar Gandeng VISA promokan Wonderful Indonesia (Foto: Kemkominfo)

Kemenpar Gandeng Visa, Manfaatkan Jaringan Visa Promosikan Wonderful Indonesia

(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng perusahaan teknologi pembayaran global Visa untuk kerjasama promosikan branding Wonderful Indonesia.

“Kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak. Sama-sama ingin mendapatkan ‘empower’ devisa dan meningkatkan penjualan merchant lokal,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya seusai menyaksikan penandatanganan MoU bersama Visa di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata, Rabu (15/5).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani bersama Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman disaksikan Menpar Arief Yahya. Hadir juda menyaksikan penandatanganan MoU ini  Ketua Tim Co-Branding Kemenpar Priyantono.

Menpar Arief Yahya mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk mempromosikan Wonderful Indonesia sebagai destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara (wisman) dengan memanfaatkan skala dan jaringan global milik Visa. Kerja sama ini akan menjadi ajang promosi khususnya merchant-merchant lokal untuk semakin dikenal oleh para turis asing.

Posisi Visa sebagai penyedia pembayaran digital terkemuka di dunia dapat bermanfaat untuk memperluas rekam jejak kampanye #DiscoverWonderfulIndonesia di luar negeri. Lebih lanjut, Arief menambahkan kemitraan ini dapat membuka potensi Indonesia dalam mengembangkan Digital Tourism 4.0 dengan menciptakan pengalaman membayar dan perjalanan liburan yang serba mudah bagi para wisman yang mengunjungi Indonesia.

“Pembayaran digital menjadi semakin terintegrasi dalam perjalanan liburan masa kini di mana wisatawan menggunakan teknologi tersebut untuk membeli tiket penerbangan, memesan hotel, tur, dan berwisata kuliner. Dengan menggaet Visa sebagai jaringan pembayaran digital pilihan wisman dan wisatawan domestik, kami berharap dapat mendukung mobilitas mereka di destinasi wisata yang dikunjungi,” katanya.

Sedangkan Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan kolaborasi ini bertujuan untuk membagi pengetahuan dan praktik terbaik dalam mempromosikan destinasi unggulan di Indonesia.

Dengan memanfaatkan jaringan global Visa maka akan dilakukan joint campaign antara Kemenpar dan Visa Worldwide dan kolaborasi dengan channel bank partners. Kerja sama juga meliputi platform digital termasuk instrumen pembiayaan digital, memanfaatkan data analitik, dan kampanye digital.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.