Ilustrasi: Mercusuar di Pulau Lengkuas - Belitung (Foto: Ingrit Palar/ BD)

Island Hopping Belitung si Pulau Laskar Pelangi yang Indah

(Beritadaerah – Wisata Daerah) Belitung merupakan sebuah pulau yang terletak di kepulauan Bangka Belitung. Pulau yang lebih dikenal dengan Pulau Laskar Pelangi ini menyimpan banyak keindahan yang bisa kita explore. Keindahan pantainya yang begitu menakjubkan dengan hamparan batu granit yang merupakan ciri khas dari pantai yang ada di Belitung.

Ada beberapa pulau kecil di Belitung yang menjadi tujuan para wisatawan. Untuk menuju ke pulau-pulau kecil ini anda perlu menyewa boat di pantai Tanjung Kelayang dan selanjutnya anda tinggal menikmati keindahan pulau yang terhampar. Salah satu yang menjadi tujuan favourite banyak wisatawan yaitu Pulau Lengkuas. Untuk sampai di tempat ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pantai Tanjung Kelayang.

Pantai berbatu granit di Belitung (Foto: Ingrit Palar/ BD)

Pula Lengkuas merupakan sebuah pulau berpasir putih yang menjadi ikon wisata pulau Belitung dengan mercusuar peninggalan Belanda berdiri kokoh di tengah pulau. Keindahan alam memang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Sepanjang perairan yang dilewati terhampar bebatuan granit yang merupakan bebatuan endemik khas Kepulauan Belitung.

Sedangkan mercusuar yang berdiri ditengah-tengah pulau ini merupakan daya tarik wisatawan untuk datang ke pulau ini. Mercusuar dengan tinggi 70 meter ini merupakan peninggalan Belanda yang didirikan tahun 1882. Walaupun sudah tua namun mercusuar ini masih kokoh berdiri.

Selain itu anda juga bisa menikmati wisata bawah lautnya yang tidak kalah menarik. Airnya yang jernih dan banyak biota laut yang ada di pantai ini. Saat berenang anda juga akan ditemani ikan-ikan kecil di sekeliling anda.

Keindahan alam bawah laut di perairan Belitung (Foto: Ingrit Palar/ BD)

Berpindah sedikit dari pulau Lengkuas, anda bisa mengunjungi Pulau Pantai Kelayang. Hamparan pasir putih, air laut yang biru dan hemburan ombak yang ada di tepi Pantai Kelayang ini membuat anda akan betah bermain-main menikmati indahnya pantai Kelayang ini. Selain itu ada juga yang unik dari pantai Kelayang yang merupakan ciri khas, yaitu Goa Kelayang. Untuk menuju ke Goa Kelayang anda perlu masuk ke dalam pulau Kelayang dengan berjalan kaki. Perjalanan menuju ke gua ini menyajikan pemandangan bukan lagi hamparan pasir putih dan air laut namun diganti dengan hamparan hijau dari pepohonan lebat yang tumbuh di pulau ini. Jalannya berupa tanah dan banyak akar-akar pohon yang menghalangi langkah kaki. Namun, perjalanan singkat itu terbayar ketika anda sampai di sebuah batu tinggi. Batu raksasa yang tersusun sedemikian rupa di bawahnya ada air laut jernih dengan pasir putih. Batu-batu yang ada di Goa Kelayang membentuk sebuah kolam kecil yang ada dipulau ini. Goa kelayang merupakan surga kecil yang ada di pulau Pantai Kelayang.

Goa Kelayang di Pulau Kelayang, Belitung (Foto: Ingrit Palar/ BD)

Berpindah dari pantai Kelayang dalam perjalanan pulang ke pantai Tanjung Kelayang, anda akan melewati pulau Batu Berlayar. Pulau kecil dan berbatu granit ini hanya bisa dikunjungi saat air laut sedang surut. Biasanya, wisatawan datang ke Pulau Batu Berlayar menjelang sore hari. Pulau ini disebut Batu Berlayar karena batu yang berdiri dipulau ini seperti akan membentangkan layar. Untuk mengelilingi Pulau Batu Berlayar tak perlu memakan waktu yang lama. Tak kurang dari lima menit, Pulau Batu Berlayar bisa dijangkau dan dijelajahi.

Ingrit Palar/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*