(Photo: Kementerian PUPR)

Bendungan Rotiklot, Penuhi Kebutuhan Air Baku Masyarakat

(Beritadaerah – Nasional) – Bendungan Rotiklot yang berlokasi di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun pada periode 2015-2019. Groundbreaking Bendungan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 28 Desember 2015. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Rotiklot dengan kapasitas 3,3 juta m3 ini sejak Desember 2018.

(Photo: Kementerian PUPR)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa ketersediaan air menjadi kunci pembangunan di NTT yang memiliki curah hujan lebih rendah dibanding daerah lain. Ketersediaan air ini dibutuhkan untuk air minum, pertanian, peternakan dan juga hal-hal lainnya. Tentunya pembangunan bendungan ini akan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Tujuan dari bendungan ini adalah untuk memastikan air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.

(Photo: Kementerian PUPR)

Selain untuk memenuhi kebutuhan air baku masyarakat, bendungan Rotiklot juga bertujuan mengurangi risiko banjir yang sering terjadi di Kabupaten Belu yang memiliki musim hujan singkat yakni sekitar 3 bulan namun intensitasnya tinggi.

(Photo: Kementerian PUPR)

Hari Senin (20/5/2019) Jokowi meresmikan bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu. Presiden Jokowi juga akan menabur 200.000 benih ikan berupa ikan nila, ikan mujair, dan ikan karper. Selain itu juga melakukan penanaman pohon flamboyan, pohon kelor, pohon juwet, pohon pule, dan pohon beringin untuk penghijauan disekitar area Bendungan Rotiklot. Jokowi sudah berkunjung ke NTT 10 kali dan khusus untuk Kabupaten Belu sudah hadir empat kali dan dia janjikan setiap kedatangannya ke NTT harus bisa menyelesaikan masalah yang ada.

Bagi Jokowi NTT merupakan salah satu propinsi yang memperoleh proyek bendungan paling banyak. Di propinsi lain, hanya mendapatkan satu atau dua bendungan saja tetapi untuk NTT dibangun tujuh bendungan. Dua bendungan di NTT yang sudah selesai dikerjakan adalah Bendungan Raknamo yang selesai dibangun tahun 2017 dan Bendungan Rotiklot yang selesai dibangun tahun 2018. Lima bendungan lainnya yang akan atau sedang dibangun adalah Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, Bendungan Temef di Kabupaten TTS, Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang dan Bendungan Welikis di Kabupaten Belu.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.