(Photo: Asido/BD)

Menikmati Kuliner Malam Pasar Ceplak Garut

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Garut selalu menjadi salah satu pilihan wisata yang menarik di Jawa Barat. Tidak hanya pemandangan alam nya yang indah, tetapi wisata kulinernya pun selalu menarik untuk dibahas. Salah satu kuliner malam di Garut yang selalu ramai dikunjungi warga maupun pendatang dari luar Garut adalah Pasar Ceplak yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Garut.

(Photo: Asido/BD)

Ada sejarah yang menari di balik nama Pasar Ceplak ini. Arti dari “ceplak” dalam bahasa Sunda ini berasal dari kata “nyeplak”, yang artinya adalah makan dengan bersuara. Bermula pada tahun 1970 an, saat Garut mengalami kemarau yang cukup panjang, warga Garut sulit mendapatkan nasi. Sehingga mereka mengkonsumsi oyek, nasi yang dicampur singkong. Saat itu mereka menikmati oyek ini hingga ceplak, mengeluarkan suara di saat makan. Sehingga itulah menjadi sejarah awal mulanya tempat kuliner ini bernama Pasar Ceplak.

(Photo: Asido/BD)

Pasar Ceplak ini hanya buka pada malam hari, mulai pukul 16.00-22.00 WIB. Sebelumnya pada pagi sampai siang hari, jala Siliwangi ini menjadi jalan umum yang dilalui banyak kendaraan. Tetapi menjelang sore, akan terlihat aktivitas para penjual yang sibuk mempersiapkan gerobak-gerobak atau tenda untuk mereka menjual makanannya.

(Photo: Asido/BD)

Ada banyak sekali pilihan makanan dan jajanan yang dapat kita nikmati ketika berkunjung ke Pasar Ceplak. Mulai dari ayam goreng, satai, nasi goreng, gado-gado, mie bakso, mie ayam, martabak manis, nasi liwet dan kue tambang, semuanya lengkap ada di sepanjang jalan itu. Tidak ketinggalan juga ada makanan khas tradisional seperti sakoteng, cucur, gemblong, rakcak, candil, awug beras, jiwel, putu mayang, kelepon, kolak, gurandil dan putu beras juga dijajakan di Pasar Ceplak ini.

Kuliner Malam Pasar Ceplak ini tidak hanya menjadi pilihan tempat makan yang menarik, tetapi juga seringkali menjadi tempat nongkrong dan juga harganya yang cukup terjangkau bagi segala kalangan.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*