(Photo: Daniel O/BD)

Enaknya Makan Ikan Di Pasar Ikan Muara Baru

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pasar Ikan Modern Muara Baru ini menggantikan suasana pasar ikan Muara Baru yang dulunya terkenal kumuh dan becek. Sekarang telah menjadi pasar ikan modern yang bisa dikatakan mirip dengan Tsukiji, pasar ikan modern di Jepang. Tempat pelelangan ikan terbesar di Jakarta ini saat ini terlihat tampil baru, fresh dengan gedung modern dan tulisan namanya yang sangat eyecatching.

(Photo: Triyogo/BD)

Bagi para penggemar kuliner, ini akan menjadi tempat yang cukup diperhitungkan untuk dipilih.  Pasar ini memiliki dua bagian, lahan basah dan lahan kering. Lantai satu adalah tempat penjualan ikan. Kita bisa melihat di parkiran bagaimana ikan-ikan diturunkan dari loading dock. Ikan-ikan yang dijual ini didatangkan langsung dari Pelabuhan Muara Baru, benar-benar segar. Ikan-ikan itu akan dipindahkan ke dalam ember, sesuai dengan jenisnya masing-masing. Berbagai jenis ikan seperti bawal, kuwe, mujair, kakap, marlin, tuna juga udang, cumi-cumi, semuanya ada di lantai satu ini.

(Photo: Daniel O/BD)

Sekitar 1.000 pedagang lebih yang membuka lapak di pasar ikan ini. Ada banyak pilihan ikan yang akan dibeli, juga udang dan cumi-cuminya, semuanya sangat menggoda untuk kita pilih. Pasar ini sendiri mulai beroperasi dari pukul 17.00 WIB hingga dini hari.  Bahkan semakin malam, suasana semakai ramai. Terlihat para pedagang lalu lalang membawa berbagai ikan dalam ember. Ikan tetap segar karena balos es yang ada dalam ember. Karena memang lantainya terus terkena air dan es, maka tetap berhati-hati berbelanja atau berkeliling di atas jalanan yang cukup licin.

(Photo: Endah Caratri/BD)

(Photo: Endah Caratri/BD)

Selain ada di lantai satu, tempat ini memiliki Food Court yang ada di lantai 2 dan outdoor. Sebelum Anda ke lantai 2, maka pilih dulu ikan atau udang di lantai satu. Semuanya segar….dan sangat menggoda untuk kita nikmati. Setelah itu Anda bisa membawa nya ke lantai 2 dan ada toko-toko di lantai 2 yang bisa memasak ikan, udang atau cumi-cumi sesuai dengan selera kita.  Kalau Anda menyukai ikan yang dibakar, disini ikan bakarnya paling mantap.   Pasti akan membuat Anda ingin kembali lagi. Untuk udang nya bisa dimasak dengan saus padang dan cumi-cumi nya goreng tepung. Dengan harga yang cukup terjangkau, Pasar Ikan Muara Baru ini merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang menarik.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

One comment

  1. Iya…..ini pengalamanan yang mengasikkan…makan dengan keluarga di tempat yang sangat baik. Trimakasih pak Jokowi yang sudah merencanakan dan meresmikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.