Jaring Wisman Milenial, Kemenpar Promosi Wisata di Belanda

(Beritadaerah – Jakarta) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus gencar untuk mempromosikan wisata Indonesia di luar negeri. Salah satu pameran wisata yang diikuti oleh Kemenpar yakni Tong Tong Fair (TTF) di Malieveld, Den Haag, Belanda. TTF ini berlangsung dari tanggal 23 Mei hingga 2 Juni 2019, dengan target menjaring wisman milenial dari kawasan Eropa. Festival ini merupakan festival budaya Asia dan Indonesia terbesar di Belanda dan tahun ini merupakan penyelenggaraan TTF yang ke-61 kalinya.

Partisipasi Indonesia dalam ajang TTF 2019 atas kerjasama dengan Tour Operator Smaragd Reizen dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, hal ini dikatakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya di Jakarta, Senin (27/5).

“Kemenpar ambil bagian dalam kegiatan ini untuk menjaring segmen milenial. Sebab, beberapa tahun terakhir milenial rajin mengunjungi TTF,” kata Nia Niscaya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Selasa (29/5).

Nia mengatakan, pada TTF 2019 kali ini Pemerintah Indonesia dengan brand Wonderful Indonesia mengenalkan produk wisata unggulan diwakili oleh dua travel agent/tur operator (TA/TO) di Belanda yakni Smaragd Reizen dan Merapi Tour & Travel. Selama ini, keduanya tercatat banyak menjual dan memasarkan paket wisata ke Indonesia.

Selain itu, lewat partisipasi ini juga diharapkan dapat terlaksana Joint Promotion dengan Smaragd Reizen dalam menawarkan paket Dual Destination (Singapura/Malaysia/Thailand – Indonesia) dengan paket lebih lama tinggal di destinasi Indonesia.

Smaragd Reizen adalah salah satu TA/TO di Belanda yang banyak menjual paket Asia Tenggara. Termasuk Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, dan Bali. Sementara Merapi Tour & Travel juga menawarkan daerah eksotis Indonesia bagian Timur antara lain NTT, Papua, dan Kalimantan.

TTF pertama kali diadakan pada 1959 sebagai ajang reuni masyarakat Belanda yang pernah tinggal di Indonesia. TTF selanjutnya berkembang menjadi event budaya yang mengetengahkan budaya Asia lainnya dan juga Pasifik.  Setiap tahunnya TTF dihadiri rata-rata lebih dari 80 ribu pengunjung, sebagian di antaranya memiliki keterkaitan dengan Indonesia.

Tahun 2019, pemerintah menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Sedangkan pada tahun 2018, jumlah wisman yang datang ke nusantara mencapai 15,8 juta kunjungan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*