Vietjet Air Datangkan Wisatawan Mancanegara ke Bali

(Beritadaerah – Bali) Pariwisata di Bali telah dikenal oleh dunia internasional karena keindahaan alam, kehidupan sosial dan budayanya. Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali dan Indonesia, Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melakukan Joint Promotion atau Co-Marketing dengan maskapai asal Vietnam Vietjet Air.

Kemenpar memberikan apresiasinya kepada Vietjet Air atas penerbangan pertamanya ke Bali, Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani di Bali, Rabu (29/5).

“Saya benar-benar yakin rute baru ini akan saling menguntungkan. Pertama tentu dapat meningkatkan arus kedatangan pengunjung internasional dari Vietnam ke Bali. Juga sebaliknya, kedatangan pengunjung internasional dari Indonesia ke Ho Chi Minh City,” kata Rizki dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (30/5).

Rizki mengatakan bahwa kerjasama dengan Vietjet Air tersebut diwujudkan dengan dibukanya rute penerbangan langsung Ho Chi Minh City ke Denpasar, Bali. Penerbangan perdana mengudara dari Ho Chi Minh City ke Bali pada Rabu, 29 Mei 2019, dengan membawa 180 penumpang.

Sebagai langkah awal, selama enam bulan pertama, penerbangan Vietjet Air Rute HCMC – DPS akan dilakukan sebanyak lima kali sepekan yaitu pada hari Senin, Rabu, Kamis, Jumat, dan Minggu. Setelah itu, selanjutnya penerbangan akan dilakukan sebanyak tujuh kali sepekan.

Menurut Rizki, jumlah wisman asal Vietnam yang berkunjung ke Indonesia masih sangat kecil. Tahun lalu, tercatat 75.632 wisman Vietnam yang datang ke Indonesia. Tahun ini, kami menargetkan pertumbuhan 32 persen atau sekitar 100.000 warga Vietnam mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. Kehadiran penerbangan langsung ini juga bentuk strategi menambah jumlah wisman asal Vietnam.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, menyatakan kalau Bali masih menjadi destinasi favorit wisman Vietnam. Dari sekitar 76,000 wisman Vietnam yang berkunjung ke Indonesia pada 2018, sebanyak 20.847 orang di antaranya melakukan perjalanan ke Bali.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat kunjungan wisman ke Bali selama 2018 hanya naik sebesar 6,54% dibanding 2017. Dimana jumlah wisman yang datang langsung ke Bali selama tahun 2018 tercatat mencapai 6.070.473 orang, sedangkan tahun 2017 mencapai 5.697.739 orang.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*