Daya Tarik Gunung Bromo Yang Tidak Pernah Pudar

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Seperti lukisan yang berganti setiap saat dalam ribuan paduan warna dan keelokan begitulah gambaran Gunung Bromo Di Jawa Timur sehingga menarik wisatawan untuk dikunjungi. Gunung Bromo tempat yang selalu eksotis untuk dikunjungi, dimana masih terpelihara tradisi suku Tengger di daerah ini. Perjalanan menuju ke Gunung Bromo bisa ditempuh dari beberapa jalan melalui Malang, Probolinggo, Pasuruan, atau Lumajang, namun kebanyakan pengunjung menempuhnya melalui Probolinggo, karena jalan yang relatif lebih mudah ditempuh dengan kendaraan umum.

Bromo selalu menjadi bagian keindahan saat sang surya terbit di ufuk timur, dengan menggunakan jeep para wisatawan akan dibawa menuju lokasi terbaik memandang keelokan sang Gunung saat pagi hari. Suhu di Bromo kurang bersahabat di jam-jam itu, biasanya para pemandu wisata memulai perjalanan di atas jam 00.00 malam dimana suhu udara sangatlah dingin. Namun jangan kuatir di sekitar lokasi Bromo sudah ada kedai milik masyarakat Tengger yang menghidangkan tungku api untuk menghangatkan badan, dan kuliner ringan menemani pagi yang dingin. Seperti kopi, minuman-minuman penghangat badan, jagung bakar dan lainnya sudah siap dihidangkan. Wisatawan keluarga yang datang dengan anak kecil berusia balita juga orang berusia lansia semangat menunggu matahari terbit di pagi hari. Jaket, penutup kepala, sarung tangan tersedia juga untuk mereka yang membutuhkan dengan harga sewa terjangkau.

Saat yang ditunggu tiba, sekitar pukul 04.00 atau 04.30, para wisatawan berjalan menuju pinggir-pinggir tebing, menyaksikan terbitnya sang surya dan tentu banyak yang sibuk mengabadikannya sekaligus berfoto diri bersama rekan dan handai taulan. Wisatawan nampak puas dengan keindahan sang surya yang memukau, dan jangan lupa itu masih permulaannya, masih ada keindahan kawah, padang pasir, padang Savana Bromo yang sang eksotik.

About Fadjar Dewanto

Partner in Business Advisory Vibiz Consulting, Advisor LEPMIDA (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah) who is active as editor and a columnist on Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.