Kemenpar Kerjasama dengan Travel Agent, Bidik Wisman Asal Tiongkok

(Beritadaerah – Jakarta) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali gencar mempromosikan wisata Indonesia kepada wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok dengan program Hot Deals dan Tourism Hub melalui Singapura dengan travel agent di negara tersebut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) kunjungan wisman asal Tiongkok yang datang ke Indonesia selama 2018 sebanyak 2,14 juta kunjungan, angka ini menempati peringkat kedua. Sedangkan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 2,50 juta kunjungan menduduki peringkat pertama kunjungan wisman terbanyak ke Indonesia sepanjang 2018. Selanjutnya peringkat ketiga oleh Singapura dengan 1,77 juta kunjungan (11,19 persen), peringkat keempat Timor Leste dengan 1,76 juta kunjungan, dan kelima oleh Australia dengan 1,30 juta kunjungan.

Organizing Committee Program Hot Deals Kepri Christine Besinga saat acara Travel Dialogue yang merupakan rangkaian kegiatan Famtrip Batam-Bintan Travel Agent Tiongkok yang diadakan Kemenpar di Lily Meeting Room Hotel Aston Batam, Kepri, Jumat (31/5), mengajak delapan travel agent Tiongkok untuk bersama-sama menyusun paket wisata ke Kepri.

“Silakan buat paket menarik bersama industri di Kepri. Ada banyak hal yang bisa di bundling dengan harga menarik,” tutur Christine.

Ide dasar Hot Deals sendiri, lanjut Christine adalah memberikan tawaran yang “more for less”, you get more, you pay less”. Konsumen mendapat begitu banyak keuntungan, tapi mereka membayar dengan harga terjangkau dan murah.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional I Kemenpar Vinsensius Jemadu menjelaskan Kemenpar menargetkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bisa mencapai 4 juta orang sepanjang 2019 melalui program tourism hub.

“Target Kepri 4 juta wisman naik 25 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional 12 persen. Kemenpar akan membantu salah satunya dengan program hot deals yang tahun lalu sukses terjual 700 ribu pax. Tahun ini tagetnya 1 juta pax,” kata Vinsensius Jemadu dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Sabtu (1/6)..

Vinsensius Jemadu yang akrab dipanggil VJ mengatakan bahwa dari data Kemenpar setiap tahun, estimasi jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk melalui Bandara Changi Singapura (selain orang Indonesia) hampir mencapai 12 juta pax.

Rinciannya yakni sebanyak 32 persen dari ASEAN minus Indonesia, 22 persen dari China-Hong Kong, 17 persen dari Asia-Pasifik, 14 persen dari Asia Tengah, MEA, dan Afrika. Sisanya dari Eropa dan Australia. Ditambahkan juga oleh VJ bahwa masih terbuka luas bagi Indonesia untuk menggaet wisman yang jumlahnya sekitar 11 juta lebih.

Diharapkan melalui kegiatan Famtrip Batam-Bintan Travel Agen China yang diadakan Kemenpar 28 Mei – 1 Juni 2019 ini, target penjualan Hot Deals 1 juta pax di tahun 2019 dapat tercapai. Pada tahun 2019, Kemenpar menargetkan 20 juta kunjungan wisman ke Indonesia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*