Menhub Tinjau Persiapan Arus Mudik di Terminal Bus Kampung Rambutan

(Beritadaerah – Jakarta) Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya meninjau persiapan pelayanan arus balik mudik Lebaran pada perayaaan Idul Fitri hari kedua di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (6/6). Dalam kesempatan tersebut Menhub Budi Karya secara langsung meninjau kondisi Terminal Bus Penumpang Kalideres, RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) serta ruangan khusus untuk ibu menyusui yang ada dalam gedung terminal.

Dikutip dari laman Dephub, Kamis (6/6),  Menhub Budi Karya juga sempat berbincang-bincang dengan salah satu petugas loket bus dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berdasarkan informasi dari petugas loket kepada Menhub Budi Karya bahwa kondisi terminal pada hari kedua Lebaran 2019 ini sepi dan belum ada bus yang berangkat.

Untuk tiket ke beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada masa mudik H-7 sampai dengan H-1 dijual di kisaran Rp 350.000-Rp 400.000. Sedangkan pada hari kedua Lebaran harga tiket mengalami penurunan menjadi sebesar Rp 250.000-Rp 300.000.

Budi menutup kunjungannya dengan bersantap siang dengan beberapa sopir bus di salah satu rumah makan padang di kawasan terminal. Menhub juga mengecek bus Sinar Jaya yang akan berangkat ke Pekalongan.

Sepanjang arus mudik sejak H-7 sampai dengan hari pertama Lebaran (5/6), jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan tercatat mencapai 90.010 penumpang dengan menggunakan 3.245 bus. Jumlah penumpang yang berangkat ini turun 10,72% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kondisi Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat

Sementara itu, untuk kondisi Terminal Bus Kalideres di wilayah Jakarta Barat pada arus mudik tahun 2019 sejak H-7 hingga Hari Lebaran, jumlah pemudik yang berangkat dari terminal ini sebanyak 28.064 penumpang dengan menggunakan 1.891 bus antar kota antar provinsi (AKAP). Hal ini disampaikan oleh Kepala Terminal Bus Kalideres AKAP Revi Zulkarnain.

Dijelaskan juga oleh Revi, bahwa 1.891 Bus AKAP yang berangkat dari Terminal Kalideres rinciannya adalah 1.726 bus AKAP dan 165 armada bantuan. Total pemudik yang berangkat dari terminal ini sebanyak 28.064 penumpang. Para pemudik tersebut diberangkatkan ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera dan Jawa.

Revi tambahkan untuk puncak arus mudik Lebaran tahun ini tercatat pada H-4 atau 1 Juni sebanyak 339 bus, termasuk armada bantuan yang mengangkut 6.042 penumpang. Pada hari Lebaran 2019, tercatat berangkat sebanyak 78 bus AKAP yang mengangkut 1.049 penumpang dengan tujuan sejumlah kota di Lampung dan Jawa Tengah.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.