Bintan Triathlon 2019 di Kepri Mampu Menarik Ribuan Wisman

(Beritadaerah – Jakarta) Kawasan Bintan Lagoon Resort di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) kembali menyelenggarakan ajang wisata olahraga Triathlon 2019. Acara ini berlangsung dari tanggal  7 Juni sampai 9 Juni 2019 yang juga dihadiri wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara dengan menawarkan beragam rangkaian kompetisi penuh tantangan kepada para pesertanya. Triathlon sendiri merupakan cabang olahraga atletik yang meliputi 3 jenis olahraga sekaligus, renang, bersepeda, dan lari. Dalam bahasa Indonesia diartikan dengan olahraga Trilomba.

Pada 2017, jumlah peserta event dengan kemasan sport tourism itu mencapai 1.300 orang dari 37 negara. Kemudian pada 2018, jumlah peserta juga mencapai 1.300 orang. Namun, jumlah negara yang berpartisipasi bertambah tepatnya sebanyak 49 negara.

Bintan Triathlon menghadirkan ribuan peserta dari puluhan negara sehingga menjadi ajang sport tourism yang sangat efektif untuk Kementerian Pariwisata mempromosikan pariwisata dan menjaring wisman. Hal ini disampaikan oleh Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dessy Ruhati di Jakarta, Minggu (9/6).

“Tahun ini, target wisman yang akan hadir sebanyak 4.000 orang. Rinciannya, target peserta sebanyak 1.300 orang. Sedangkan sisanya adalah keluarga para peserta dan anggota timnya,” kata Dessy dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Minggu (9/6).

Sementara itu Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty yang juga sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural mengatakan Bintan Triathlon memiliki event yang sangat menyenangkan untuk keluarga bertajuk Fun Duo Race Challange. Event ini mencakup berenang sepanjang 150 meter dan berlari sejauh 1,5 kilometer hingga finish.

Esthy tambahkan untuk Bintan Triathlon, peserta dari family sport ini banyak diikuti oleh peserta dari negara Singapura, Australia, Tiongkok, dan lainnya.

Kategori lain yang dilombakan adalah Olympic Distance meliputi etape berenang sepanjang 1,5 kilometer, bersepeda sejauh 40 kilometer, dan berlari sejauh 10 kilometer. Kemudian kategori Sprint Distance meliputi berenang sepanjang 750 meter, bersepeda sejauh 20 kilometer, dan berlari sejauh 5 kilometer.

Berikutnya, Youth Distance meliputi berenang sepanjang 300 meter, bersepeda sejauh 12 kilometer, dan berlari sejauh 3 kilometer. Kemudian Kids Distance meliputi berenang sepanjang 150 meter, bersepeda sejauh 6 kilometer, dan berlari sejauh 1,5 kilometer.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Triwulan I 2019, wisman Singapura masih mendominasi pergerakan wisman di Kepri yakni mencapai 310.367 orang. Diikuti Malaysia dengan 69.852 orang dan Tiongkok dengan 68.446 orang.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.