Sail to Natuna 2019 Mampu Menarik 32 Yachter Mancanegara

(Beritadaerah – Natuna) Kabupaten Natuna yang berada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menggelar rally layar internasional Sail to Natuna yang berlangsung dari tanggal 10 Juni 2019 sampai 15 Juni 2019. Festival ini menjadi ajang untuk mempromosikan Natuna dan sekitarnya sebagai kawasan wisata Geopark Nasional.

Sebanyak 32 yachter (peserta) mancanegara yang ambil bagian dalam Sail to Natuna 2019 diajak untuk menikmati keindahan beberapa destinasi yang dikunjungi antara lain Batu Sindu, Pulau Senua, Masjid Agung Natuna, dan Alif Stone Park.

Luas kawasan yang dimiliki Natuna memang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional, hal ini dikatakan oleh Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati di Jakarta, Rabu (12/6).

Letak kawasan geopark ini terbentang dari bagian selatan hingga ke utara, dan menutupi hampir separuh sisi timur Pulau Bunguran. Batuan granit di dalamnya menjadi daya tarik utama dari situs Geopark Natuna ini.

“Konon, usia batuan granit tersebut sudah mencapai ratusan juta tahun. Sangat menarik untuk diteliti, setidaknya ada 8 geoside yang masuk dalam Geopark Natuna yaitu Pulau Akar, Batu Asah, Gunung Ranai, Pantai Gua, Kamak, Pulau Senua, Pulau Stanau, Senubing, dan Tanjung Datuk. Ini potensi wisata yang luar biasa,” kata Dessy dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu malam (13/6).

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Natuna Hardiansyah, menambahkan sertifikat penetapan atas status tersebut telah diterbitkan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia di Pongkor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akhir November 2018.

Ia berharap, masuknya Natuna dalam jajaran Geopark Nasional menjadi nilai tambah bagi pariwisata lokal di wilayah itu dan sekitarnya. Kawasan Geopark Nasional ini semakin memantapkan posisi Kepulauan Riau sebagai salah satu destinasi wisata. Keberadaannya dapat menimbulkan efek domino positif yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sail to Natuna sudah digelar 5 kali berturut-turut dan telah berhasil mempromosikan Kabupaten Natuna sebagai zona tujuan pelayaran wisata dunia. Melalui festival ini juga memberi motivasi juga kepada pemerintah setempat untuk semakin mengembangkan pembangunan infrastruktur wisata bahari.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan April 2019,  jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Kepri tercatat sebanyak 236.124 kunjungan atau mengalami penurunan 9,88 persen dibanding kunjungan wisman selama Maret 2019 yang mencapai 262.017 kunjungan. Jika dibandingkan April 2018, jumlah kunjungan wisman ke Kepulauan Riau naik sebesar 21,64 persen.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.