Puncak bukit Tetetana desa Kumelembuai kota Tomohon, Sulawesi Utara (Foto: Jerry Watulangkouw/ BD)

Bukit Tetetana, Tempat Memandang Keelokan Tanah Minahasa

Suasana asri di Puncak bukit Tetetana, desa Kumelembuai kota Tomohon, Sulawesi Utara (Foto: Jerry Watulangkouw/ BD)

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pemandangan ini adalah sebuah bukit indah bernama Tetetana, sebuah bukit yang berada di Desa Kumelembuai, Tomohon, Sulawesi Utara. Lokasi ini sekarang banyak diminati wisatawan lokal baik anak-anak muda maupun keluarga dan komunitas, khususnya para pecinta alam dan photography.

Jika Anda tiba di lokasi wisata ini,akan segera menikmati  sajian pemandangan menakjubkan, berupa hamparan rumput yang luas, serta disisi kiri dan kanan pengunjung bisa melihat indahnya beberapa jenis bunga seperti bunga kana, bunga bokor, dan bunga-bunga lainnya yang bermekaran.

Hamparan bunga di Puncak bukit Tetetana, desa Kumelembuai, kota Tomohon, Sulawesi Utara (Foto: Jerry Watulangkouw/ BD)

Tetetana dalam bahasa Tombulu memilik arti Tete (jembatan) dan Tana (Tanah) atau jembatan tanah, karena di dekat lokasi tersebut terdapat hamparan tanah berbentuk menyerupai jembatan.

Dari atas bukit Tetetana ini, pengunjung bisa melihat langsung cantiknya kota Manado dari kejauhan, juga sebagian  Kabupaten Minahasa Utara, kota Bitung, dan sebagian dari danau Tondano. Pengunjung juga bisa menyaksikan kokohnya gunung Klabat, serta samar-samar tampak juga bangunan bandara Sam Ratulangi di Manado.

Dari ketinggian Puncak bukit Tetetana, bisa memandang Kota Manado dan sebagian wilayah Minahasa (Foto: Jerry Watulangkouw/ BD)

Bagaimana suasana keindahan bukit Tetetana jika siang hendak berganti malam? Seperti tampak pada gambar di bawah ini, senja di Tetetana menyajikan keindahan dan kesejukan yang membuat pengunjung enggan meninggalkan tempat ini.

Siluet senja di Puncak bukit Tetetana, desa Kumelembuai, Tomohon, Sulawesi Utara (Foto: Jerry Watulangkouw/BD)

Hanya dengan mengeluarkan biaya tanda masuk area bukit sebesar Rp.10.000 per orang, Anda dapat dengan leluasa menikmati keindahan ciptaan Tuhan di bukit Tetetana ini sambil mengabadikannya, banyak spot yang  instagramable yang akan Anda dapatkan.

Foto: Jerry Watulangkouw/BD
Journalist & Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.