Taman rekreasi Saloka Theme Park di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang (Foto: Kominfo)

Menpar Resmikan Taman Rekreasi Saloka Theme Park – Semarang

(Beritadaerah – Info Daerah) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya , Minggu (23/6), meresmikan Saloka Theme Park, sebuah kawasan taman rekreasi keluarga terbesar di Jawa Tengah.

Taman rekreasi Saloka Theme Park berada di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Lokasinya terletak di sekitar danau Rawa Pening dan kaki Gunung Telomoyo, berjarak 40 km dari Kota Semarang dan 60 km dari Kota Solo.

Lokasi wisata ini diyakini akan memperkuat dan membuat sektor pariwisata Jawa Tengah semakin menarik. “Jateng paling beruntung dibanding provinsi lain karena akan ada 3 bandara internasional yaitu di Yogyakarta, Semarang, dan Solo. Dengan tiga ini akan menjadikan Jateng sebagai destinasi utama kelas dunia,” ujarnya.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mendukung industri dan pihak swasta untuk mengembangkan potensi wisata daerah demi kesejahteraan masyarakat.

Peresmian Saloka Theme Park ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi oleh Direktur Utama Saloka Theme Park – David Santosa Prasetyo, dan Komisaris Saloka Theme Park – Ary Prasetyo.

Hadir dalam peresmian tersebut antara lain Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Noegroho Rachmadi, Pangdam IV/Diponegoro Mochamad Effendi, Bupati Semarang Mundjirin, dan Wakil Walikota Semarang Hevearita G. Rahayu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Kadisporapar Jateng Sinoeng Noegroho Rachmadi, mengatakan sangat mengapresiasi atas dukungan Saloka Theme Park sehingga memberikan pilihan masyarakat untuk liburan.

“Jawa Tengah kaya akan pusat kesenian, pemandangan alam yang bagus, ditambah produk wisata menarik. Selain berwisata, di Saloka Theme Park pengunjung bisa beredukasi. Karena Saloka memiliki wahana science yang sangat menarik,” kata Ganjar dalam pesan visualnya saat peresmian Saloka Theme Park.

Selama ini Kabupaten Semarang hidup dari industri pertanian dan pariwisata. Letaknya pun strategis karena berasa diantara Joglosemar (Jogjakarta, Solo, Semarang).

Pengunjung Saloka Theme Park, taman yang  dibangun di atas lahan seluas 12 hektare ini, dapat menikmati 25 wahana permainan dan berbagai hiburan dalam 4 kawasan dengan tema berbeda yaitu Zona Pesisir, Zona Balalantar, Zona Segarapada, dan Zona Komayayi.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.