Presiden Jokowi dan Presiden Argentina Mauricio Macri, konpers di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (26.6) siang. (Foto: Humas Setkab)

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Presiden Argentina Untuk Kerjasama Ekonomi

(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Republik Argentina Mauricio Macri beserta istrinya Juliana Awada, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6) siang.

Mengawali rangkaian penyambutan dilakukan upacara kenegaraan dengan kumandang lagu kebangsaan kedua negara dan dentuman meriam. Setelah lagu kebangsaan kedua negara, Presiden Jokowi dan Presiden Mauricio berjalan untuk memeriksa pasukan. Saat melewati deretan anak-anak berpakaian adat, Presiden Mauricio mendapat sambutan hangat. “Welcome to Indonesia,” teriak anak-anak tersebut.

Usai upacara penyambutan, Presiden Jokowi dan Mauricio Macri masuk ke Istana Kepresidenan Bogor untuk penandatanganan buku tamu dan sesi foto bersama. Setelah penandatanganan buku tamu, Presiden Jokowi dan Presiden Argentina menuju bagian belakang Istana untuk melakukan perbincangan di Veranda Talk.

Rangkaian kunjungan kenegaraan ini kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral di Ruang Induk Istana Kepresidenan di Sayap Kiri. Usai pertemuan, kedua kepala negara menyampaikan pernyataan pers bersama.

Presiden Jokowi mengatakan, merupakan kehormatan bagi dirinya  dapat menerima kunjungan Kenegaraan Presiden Argentina, Mauricio Macri, yang baru pertama kali berkunjung ke Indonesia. “Kami sudah pernah bertemu di saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hangzhou, RRT dan kali ini kami bertemu kembali menjelang KTT G20 di Osaka,” kata Presiden Jokowi .

Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Amerika Selatan. Dan dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor itu telah dilakukan peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian, dan industri strategis.

Presiden Jokowi mengaku juga menawarkan berbagai produk barang dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia. PT Dirgantara Indonesia  menawarkan pesawat, PT GMF (Garuda Maintenancet Facility) menawarkan kerja sama dalam jasa pemeliharaan (maintenance pesawat-red), dan PT. INKA menawarkan produk lokomotif dan gerbong yang berstandar internasional.

Presiden Jokowi juga mendorong langkah-langkah untuk mendekatkan pengusaha nasional, di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia. Selain itu, Indonesia juga terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dengan MERCOSUR, blok dagang terbesar di Kawasan Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay dan Uruguay.

Sedangkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, perdagangan dan investasi, dalam kunjungan Presiden Argentina ini juga ditandatangani MoU (Memorandum of Understanding) kerja sama di bidang Pendidikan, kemudian Joint Ministerial Statement on the Establishment of the Working Group on Trade and Investment.

Sebagai sesama negara agraris, Presiden Jokowi juga melihat potensi kerja sama di bidang pertanian. Ia menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari Rencana Aksi Kerja Sama Pertanian antara Argentina dan Indonesia.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.