Festival Jailolo 2019 Mengangkat Pesona Budaya Kepulauan Rempah

(Beritadaerah – Maluku) Indonesia bagian Timur memiliki sejumlah destinasi wisata yang sangat memukau para wisatawan mancanegara (wisman), salah satunya adalah wilayah Maluku. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berupaya menggaungkan Maluku dan Maluku Utara sebagai tujuan wisata dan pulau rempah-rempah dunia dalam rangka mendukung Festival Jailolo 2019. Festival Jailolo kembali diselenggarakan tahun ini pada 24-29 Juni 2019 di Halmahera Barat, Maluku Utara.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyambut baik penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo 2019 sebagai salah satu rencana strategis untuk meningkatkan promosi destinasi wisata kawasan Indonesia Timur, khususnya Maluku Utara melalui event pariwisata.

“Festival Teluk Jailolo 2019 merupakan salah satu strategi yang ampuh untuk memperkenalkan keindahan destinasi wisata sekaligus kekayaan budaya Indonesia kepada dunia. Semakin besar peluang festival ini dikenal oleh dunia, maka semakin baik pula jumlah wisatawan yang diharapkan berkunjung ke Indonesia untuk mengeksplorasi keindahan Maluku Utara,” jelas Arief Yahya dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (27/6).

Festival yang tahun ini digelar untuk yang ke-11 kalinya itu mengusung tema utama Pesona Budaya Kepulauan Rempah. Tema ini diangkat untuk mempromosikan kembali Maluku dan Maluku Utara yang sejak zaman dahulu sudah dikenal sebagi salah satu surga rempah-rempah dunia. Selain itu, kawasan Teluk Jailolo dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan festival yang digelar enam hari berturut-turut ini.

Menurut Arief Yahya, festival ini sangat potensial untuk dapat membantu menarik jumlah kunjungan wisman ke Indonesia khususnya ke Maluku Utara, sehingga bisa membantu tercapainya target capaian 18 juta kunjungan wisman di penghujung 2019.

Senada dengan Menpar, Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Hariyanto, mengatakan jika Festival Teluk Jailolo 2019 ini merupakan langkah yang positif untuk meningkatkan promosi Maluku Utara sebagai salah satu pulau di Indonesia yang bukan hanya kaya akan destinasi dan budayanya saja, tapi juga sebagai surganya rempah-rempah dunia yang sudah lama dikenal oleh dunia.

Untuk menegaskan kembali keistimewaan Maluku Utara sebagai surga rempah-rempah dunia, Pemerintah Daerah Maluku Utara telah menyiapkan beberapa agenda utama guna memeriahkan penyelenggaraan Festival Teluk Jailolo 2019 seperti Ekspedisi Talaga Rano, Gelar Seni Budaya Halmahera Barat, Ekspedisi Burung Bidadari (Semioptera Wallacii), Teater Kuliner 7 Suku Asli, Ritual Orom Sasadu dan lainnya.

Selain itu, guna memastikan gaung promosi Festival Teluk Jailolo ini dikenal luas oleh masyarakat, Kementerian Pariwisata turut menggelar Pekan Foto Internasional Jailolo 2019 (Jailolo International Photo Week 2019) dengan menghadirkan 15 fotografer berpengalaman perwakilan dari 11 negara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Myanmar, Filipina, Vietnam, Tiongkok, Australia, Selandia Baru, dan Bahrain.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.