Penurunan Pajak Penghasilan Rumah Dan Apartemen Mewah

(Berita Daerah – Nasional) Kementerian Keuangan merilis peraturan baru mengenai pajak penghasilan (PPh) atas penjualan rumah dan apartemen mewah seharga di atas Rp 30 miliar. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 92/PMK.03/2019 tentang Perubahan Kedua atas PMK No. 253/PMK.03/2008 tentang Wajib Pajak Badan Tertentu Sebagai Pemungut Pajak Penghasilan dari Pembeli Atas Penjualan Barang yang Tergolong Sangat Mewah.

Dalam PMK ini disebutkan, bahwa barang yang tergolong sangat mewah untuk properti di antaranya adalah:
a. Rumah beserta tanahnya dengan harga jual atas harga pengalihannya lebih dari Rp 30 miliar atas luas bangunan lebih dari 400 m2
b. Apartemen kondominium dan sejenisnya dengan harga jual atau pengalihannya lebih dari Rp 30 miliar atas luas bangunan lebih dari 150 m2

Besarnya Pajak Penghasilan terhadap barang yang tergolong barang mewah, khusus untuk rumah dan apartemen, adalah 1% dari harga jual tidak termasuk Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN dan PPnBM).

Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud dapat diperhitungkan sebagai pembayaran Pajak Penghasilan dalam tahun berjalan bagi Wajib Pajak yang melakukan pembelian barang yang tergolong sangat mewah.

Penurunan Pajak Penghasilan yang dilakukan pemerintah ini tujuannya adalah untuk mendorong sektor properti yang saat ini kondisinya sedang turun. Sedangkan sektor properti ini memiliki dampak yang cukup luas terhadap sektor lainnya, sehingga perlu sekali untuk didorong untuk lebih bertumbuh.

Konsep pemotongan PPh Pasal 22 atas hunian mewah ini hanyalah untuk golongan orang mampu (kaya).Untuk golongan rumah selain mewah ini harganya tidak dibatasi pemerintah untuk dikenakan PPnBM. Bahkan pemerintah juga memberikan pembebasan PPN untuk rumah yang subsidi pemerintah.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*