Ilustrasi: Wirausaha (Foto:Kemenperin)

Capai Rp 2,3 Miliar, Penjualan Produk Mamin IKM Melalui e-Smart

(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meluncurkan program e-Smart IKM sejak 2017. Nilai transaksi program e-Smart Industri kecil dan menengah (IKM) sejak awal tahun hingga Juni 2019 sebesar Rp 2,3 miliar. Penetrasi penggunaan internet oleh IKM yang semakin meluas diklaim telah memicu transaksi jual beli dalam pasar online serta promosi produk. Program tersebut mengakomodir kemitraan antara IKM dengan para pelaku e-commerce di Indonesia, contohnya Bukalapak, Tokopedia, Shopee, BliBli, Blanja.com, Ralali, dan Gojek.

Sekretaris Direktorat Jenderal IKM dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Eddy Siswanto, menyatakan  transformasi digital dinilai telah memudahkan transaksi jual beli secara efisien dan cepat. “Penetrasi penggunaan internet diharapkan bisa dimanfaatkan untuk usaha-usaha produktif yang mendorong efisiensi dan perluasan akses seperti jual beli online,” kata Eddy dalam keterangannya, Senin (1/7/2019).

Program e-Smart IKM juga memberi pembinaan dan lokakarya kepada para IKM. Selain itu, program tersebut memberi bimbingan teknis kepada IKM juara yang potensial, serta pendampingan tenaga ahli pemasaran digital. Sebanyak 10.000 pelaku IKM dari berbagai sektor ditargetkan masuk ke pasar online melalui e-Smart IKM selama periode 2017-2019. Program ini menyasar IKM terutama di sektor makanan dan minuman, logam, furnitur, kerajinan, fesyen, herbal, kosmetik, dan industri kreatif.

Sektor IKM khususnya makanan minuman menyumbang 31,87% dari nilai transaksi e-Smart IKM sebesar Rp 2,3 miliar. “Hingga saat ini, animo peserta cukup tinggi, di mana jumlah peserta yang mengikuti workshop e-Smart IKM telah mendekati 9.000 pelaku usaha,” ujarnya.

Para pelaku usaha perlu meningkatkan kemampuan produksi massal sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik serta ekspor. Sedangkan e-commerce berfungsi sebagai gerbang bagi pelaku IKM  untuk melakukan transformasi digital. Banyak fitur untuk promosi digital, sistem informasi digital, pembayaran digital, serta manajemen relasi dengan pelanggan secara digital.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

2 comments

  1. Wah pencapaian yang bagus dengan angka penjualan kisaran 12,7juta/hari. Optimis semakin meningkat. Mantap👍🏻

  2. E-Smart cara transaksi jual beli secara efisien dan tepat. Terimakasih updatenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*