(Photo: Sovi Untung/BD)

Jembatan Kian Rai Ikun di NTT

(Beritadaerah – Denyut Sabang Merauke) Jembatan Kian Rai Ikun merupakan jembatan gantung pertama di perbatasan antara Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Timor Leste. Jembatan ini menghubungkan antara Desa Tialai dan Desa Naikasa, terletak di Kecamatan Lamaken, Kabupaten Belu, NTT. Jembatan ini merupakan satu dari empat jembatan gantung yang dibangun di NTT pada 2018. Tiga jembatan lainnya yang dibangun bersamaan adalah Jembatan Gantung Kali Nyonya di Kota Kupang, dan dua jembatan gantung lagi dibangun di Flores.

Jembatan Kian Rai Ikun ini memiliki panjang 84 meter. Daya topangnya bisa menampung 40 orang dalam waktu bersamaan. Sebelum jembatan gantung ini ada maka anak-anak yang akan bersekolah harus memutar dengan jarak tujuh kilometer untuk bisa menyeberang. Terlebih lagi ketika musim hujan tiba dan sungai meluap, maka anak-anak sekolah ini harus menunggu surut dahulu baru bisa menyeberang. Saat ini jembatan Kian Rai Ikun bisa menjadi salah satu destinasi wisata ketika Anda berkunjung ke Belu, NTT

Foto: Sovi Untung/BD

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*