Kejuaraan Paralayang Internasional di Sumedang akan Dihadiri 20 Negara

(Beritadaerah – Jakarta) Sebanyak 80 peserta pilot dari 20 negara akan menghadiri Kejuaran paragliding (paralayang) tingkat internasional dalam event West Java Paragliding World Championship And Culture Festival 2019 di Sumedang, Jawa Barat. Event ini menjadi ajang untuk mempromosikan Jawa Barat sebagai destinasi kelas dunia, khususnya pariwisata Sumedang sebagai ‘surga’ paralayang internasional. Kejuaraan paragliding itu akan digelar pada 2-8 Oktober 2019 dan baru pertama kali digelar di Sumedang.

Terkait dengan persiapan penyelenggaraan West Java Paragliding World Championship And Culture Festival 2019, Bupati Sumedang Donny Ahmad Murnir melaporkan hal tersebut dalam pertemuannya dengan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Kantor Kemenpar, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (25/7).

“Pemerintah Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, FASI Paralayang, komunitas, serta masyarakat lokal,” kata Bupati Sumedang dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (25/7).

Donny Ahmad Murnir menjelaskan, ada tiga pertimbangan bagi Sumedang dalam menggelar West Java Paragliding World Championship And Culture Festival 2019.

Pertama, sebagian besar wilayah Sumedang adalah pegunungan dan daerah ini memiliki tempat yang sangat baik untuk olahraga udara, khususnya paralayang. Tidak hanya untuk kompetisi di level akurasi dan “cross country”, tetapi juga bagus untuk “fun fly” atau terbang gembira di atas Bendung Jatigede.

Kedua, Sumedang memiliki potensi budaya dan pariwisata yang tidak bisa ditemui di tempat lain sehingga mendapat julukan ‘Puseur Budaya Sunda’ atau Pusat Kebudayaan Sunda.

Ketiga, adanya dukungan kerja sama dengan industri pariwisata, Pemda Provinsi Jawa Barat, FASI Paralayang, komunitas, masyarakat termasuk media atau sebagai unsur pentahelix pariwisata.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan event West Java Paragliding World Championship And Culture Festival 2019 yang dampaknya diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat. Selain itu event wisata olahraga tersebut menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Sumedang yang memiliki ikon Bendung Jatigede.

Kabupaten Sumedang memiliki sejumlah event pariwisata unggulan di antaranya Hardfest Pesona Jatigede yang telah memasuki tahun ke-3. Dalam festival budaya dan sport tourism ini antara lain menampilkan trail adventure dan gelar kolosal seni kuda renggong.

Kejuran dunia paralayang West Java Paragliding World Championship 2019 akan melombakan dua kelas yaitu; Paragliding Accuracy World Cup (Pre-PGAWC 2019) dan Paragliding Cross Country World Cup (Pre-PWC 2019) dan diakhiri dengan Paragliding Festival (Fun Fly dan Festival Budaya).

Kejuaran paralayang internasional ini bagian dari sport tourism, acara yang mengkombinasikan olahraga sekaligus bertujuan mempromosikan pariwisata suatu daerah. Pemerintah terus mendukung event sport tourism yang berlangsung dibeberapa daerah sepanjang tahun 2019.

Handi Fu/Journalist/BD 
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.