Presiden Jokowi Menikmati Senja di Dermaga Jetty Samosir (Foto : Setpres)

Presiden Jokowi Menikmati Danau Toba dengan Kapal Motor Ihan Batak

(Beritadaerah – Samosir) Dalam kunjungan kerjanya ke Danau Toba, Selasa (30/7), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkesempatan menaiki kapal buatan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Kapal Motor Ihan Batak berkapasitas 300 gross tonnage (GT) menuju Pulau Samosir. Berangkat dari Dermaga Ajibata, Presiden tiba di Dermaga Ambarita sekitar pukul 15.00 WIB dan langsung menuju Lapangan Ambarita.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi minta fasilitas transportasi berbasis tradisional dengan memikirkan konsep hidup modern agar menginspirasi milenial dan masyarakat. Ini yang bisa diterapkan pada kapal yang tengah dibangun dan akan jadi bulan November 2019.

“Kapal ini untuk melayani jalur penyeberangan di Danau Toba.” Ujar Menhub di Pulau Samosir yang dikutip laman Dephub, Rabu (31/7).

Menhub juga mengatakan pihaknya telah membangun lima kapal besar untuk melayani angkutan penyeberangan di Danau Toba. Satu diantaranya Kapal Motor Ihan Batak sudah siap digunakan setelah dua tahun proses pembangunan. Kendati demikian, Budi mengatakan akan tetap memperhatikan kapal-kapal kecil milik masyarakat. Selain membangun lima kapal, Kemenhub juga memberdayakan kapal lokal.

Menhub mengatakan pada 2020, ditargetkan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di Danau Toba sudah siap semuanya. Sedangkan untuk pengadaan kapal, yaitu satu Kapal Ro Ro, telah selesai 2018, satu unit Kapal Ro Ro selesai 2019, satu unit Kapal Ro Ro selesai 2020 dan dua unit bus air selesai 2020.

Diketahui Kapal Ihan Batak ini bisa memuat 180 penumpang, 6 bus besar, 32 sedan, 8 truk ukuran 18 ton dan 10 ABK dengan melayani Pelabuhan Ajibata-Ambarita 4 trip perhari. Total dukungan investasi Kementerian Perhubungan dari sektor Perhubungan Darat untuk pengembangan KSPN Danau Toba sampai dengan tahun 2020 mencapai Rp 644,6 miliar.

Kemenhub saat ini tengah melakukan pengembangan Pelabuhan Penyeberangan Tigaras untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Danau Toba. Ditargetkan pembangunan akan selesai pada tahun 2020.

Kemenhub bersama dengan Kementerian PUPR akan berkolaborasi dalam pengembangan sejumlah infrastruktur guna mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Danau Toba. Selain memberikan dukungan melalui pembangunan infrastruktur transportasi di kawasan Danau Toba, Kemenhub juga terus berupaya meningkatkan aspek keselamatan pelayaran.

Handi Fu/Journalist/BD 
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.