Kehadiran KM Ihan Batak Mendapat Respon Positif Masyarakat dan Bupati

(Beritadaerah – Pulau Samosir) Kapal angkutan penyeberangan milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Danau Toba sangat penting dan memberikan rasa aman bagi aktivitas masyarakat dan wisatawan. Terkait hal tersebut Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon mengapresiasi keberadaan Kapal Motor Ihan Batak.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kemenhub dengan diluncurkannya kapal Ferry Ro Ro Ihan Batak. Ini memberikan konektivitas yang sangat bagus,” kata Bupati Samosir yang dikutip laman Dephub, Rabu (31/7).

Kehadiran kapal Motor Ihan Batak yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan melalui APBN Tahun Anggaran 2017-2018 untuk melayani angkutan penyeberangan yang berkeselamatan di Danau Toba, Sumatera Utara. Bahkan masyarakat sekitar Danau Toba memberikan respon positif. Wisatawan yang datang ke Danau Toba terbantu dengan Kapal buatan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Kapal berbobot 300 Gross Tonnage (GT) tersebut sempat dinaiki oleh Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, dari Pelabuhan Ajibata, Parapat ke Pelabuhan Ambarita, Pulau Samosir pada Selasa (30/7).

Dengan adanya tanggapan positif dari masyarakat, para petugas kapal atau yang biasa disebut ABK (anak buah kapal) menjadi semangat dalam melakukan pelayanan terbaik. Salah satu ABK bernama Harto Samosir mengharapkan respon positif ini juga diikuti dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan merawat KM Ihan Batak.

Sebagai informasi kepada masyarakat Danau Toba, Sumatera Utara yang ingin menyebrang ke Pulau Samosir menggunakan KM Ihan Batak bisa membeli tiket langsung ke Pelabuhan Ajibata. Jadwal KMP Ihan Batak dari Pelabuhan Ajibata – Pelabuhan Ambarita, Samosir : 8.00 WIB ,11.00 WIB, 14.00 WIB, dan 17.00 WIB. Dari Pelabuhan Ambarita, Samosir – Pelabuhan Ajibata: 9.30 WIB, 12.30 WIB, 15.30 WIB, dan 18.30 WIB.

Harga tiket KM Ihan Batak untuk perorangan sebesar Rp. 9.000. Untuk kendaraan mobil kecil dipatok harga Rp. 135.000 tapi semua orang yang ada di dalam mobil sudah termasuk di dalamnya. KM Ihan Batak mulai beroperasi sejak 27 Desember 2018 dan mempunyai kapasitas hingga 280 penumpang dan 32 unit mobil.

Presiden Jokowi yang berkesempatan menaiki kapal buatan Kemenhub Kapal Motor Ihan Batak dalam kunjungan kerjanya beberapa hari di Danau Toba. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi minta fasilitas transportasi berbasis tradisional dengan memikirkan konsep hidup modren agar menginspirasi milenial dan masyarakat. Ini yang bisa diterapkan pada kapal yang tengah dibangun dan akan jadi bulan November 2019.

Handi Fu/Journalist/BD 
Editor: Handi Fu

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.