Wagub Kalteng Tinjau Pembangunan Bandara Tira Tangka Balang (Foto: Diskominfo)

Pembangunan Bandara Tira Tangka Balang di Murung Raya Rampung 2022

(Beritadaerah – Kalimantan Tengah) Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Habib Ismail Bin Yahya dalam rangka Hari Jadi Ke 17 Kabupaten Murung Raya, Kamis (1/08/2019), berkesempatan meninjau lokasi pembangunan Bandara Tira Tangka Balang, di Desa Bahitom Kecamatan Murung Raya, Kalimantan Tengah.

 Lokasi Bandara ini berjarak kurang lebih 5 Km dari ibukota Kota Puruk Cahu. Pembangunan Bandara Tira Tangka Balang ini diperkirakan akan rampung pada 2022 dan akan difungsikan pada akhir masa kepemimpinan Perdie-Rejekinoor tahun 2023.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Murung Raya sudah membebaskan lahan seluas 82 hektare dan membangun jalan akses berukuran panjang 750 meter dan lebar 60 meter dengan biaya bersumber dari APBD.

Murung Raya merupakan Kabupaten terluas di Pulau Kalimantan yang mencapai 27 ribu kilometer persegi, jarak tempuh dari Murung Raya menuju Kota Palangkaraya sebagai ibukota Kalimantan Tengah sepanjang 400 kilometer bisa mencapai sembilan jam dengan transportasi darat.

Pembangunan bandar udara yang lokasinya tepat berada di jantung Pulau Kalimantan ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di wilayah sekitarnya, terutama melalui sektor pariwisata.

“Diharapkan dengan pembangunan Bandara ini dapat memberikan kemudahan dalam usaha, sehingga kehidupan perekonomian di Murung Raya semakin maju,” kata Wakil Gubernur Kalteng.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.