Ilustrasi: Rumah MBR

PUPR Bantu Program Bedah Rumah 2050 Unit Rumah MBR di Maluku

(Beritadaerah – Maluku) Kementerian PUPR terus mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia, salah satunya melalui program BSPS atau bedah rumah. Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), yang akan dilaksanakan di enam Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku akan menyasar pada 2.050 unit rumah masyarakat penghasilan rendah (MBR).

Bentuk bantuan yang diberikan melalui program BSPS pada sejumlah unit rumah itu dalam wujud uang dan bahan bangunan. Alokasi besarannya mencapai Rp17,5 juta untuk kategori peningkatan kualitas rumah dan Rp35 juta jika diperuntukkan pembangunan baru.

“Dana tersebut diterima oleh penerima bantuan BSPS dipergunakan dalam bentuk bahan bangunan dan sebagian untuk upah kerja tukang,” kata Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Senin (5/8). Sedangkan mekanisme penyaluran dana BSPS adalah melalui bank penyalur dana bedah rumah.

Penyerahan buku tabungan merupakan rangkaian kegiatan dari proses administrasi yang wajib diterima oleh penerima bantuan sebelum pembangunan fisik dilaksanakan. Penyerahan buku tabungan Program BSPS di Provinsi Maluku secara simbolis diserahkan kepada 20 keluarga di Desa Hatu dan 30 keluarga di Desa Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Penyerahan dilakukan oleh tim SNVT Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR di kantor Desa Hatu dengan disaksikan oleh Bapa Raja atau Kepala Desa penerima, Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Camat, dan pihak bank penyalur dana BSPS.

Pada tahun 2019, program BSPS ditargetkan dapat menjangkau sebanyak 206.500 unit rumah tidak layak huni melalui dua kegiatan, yakni peningkatan kualitas rumah sebanyak 198.500 unit dan pembangunan baru 8.000 unit. Sedangkan total anggaran program rumah swadaya dalam APBN 2019 adalah sebesar Rp4,28 triliun.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.