Citilink Resmi Membuka Rute Baru Banyuwangi – Denpasar

(Beritadaerah – Banyuwangi) Aksesibilitas telah menjadi perhatian utama dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk itu Pemkab Banyuwangi melakukan kerjasama dengan berbagai maskapai nasional, salah satunya dengan maskapai Citilink Indonesia.

Citilink Indonesia resmi membuka kembali jalur penerbangan Denpasar-Banyuwangi pergi-pulang mulai hari ini, Jumat (9/8). Dengan dibukanya rute baru ini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberikan apresiasi kepada Citilink.

Dengan dibukanya kembali jalur penerbangan yang menghubungkan Bali dan Banyuwangi secara langsung, maka Citilink semakin lengkap melayani penumpang mulai dari Jakarta, Surabaya, hingga Kuala Lumpur di Bandara Banyuwangi.

“Bali adalah gerbang utama pariwisata Indonesia. Tiap tahun ada 5-6 juta wisatawan mancanegara menuju Bali. Kalau Banyuwangi dapat 5 persen saja, sudah dapat minimal 250.000 wisman. Apalagi destinasi dan atraksi wisata kami terus berkembang, kami yakin Banyuwangi bakal menjadi alternatif menarik bagi turis asing untuk melakukan perjalanan wisatanya setelah atau sebelum ke Bali,” ujar Anas yang dikutip laman Banyuwangikab, Jumat (9/8).

Dengan terhubungkannya Banyuwangi dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan wisata di Indonesia, Anas optimis kunjungan wisatawan akan semakin meningkat. Dan sebentar lagi, rute Banjarmasin-Banyuwangi dilayani Xpress Air pada 10 Agustus 2019.

Penerbangan Citilink menggunakan pesawat jenis Airbus 320 (A-320).  Pesawat Citilink dengan kapasitas 180 penumpang tersebut memulai penerbangan berangkat dari Bandara Banyuwangi pukul 08.00, dan menempuh perjalanan selama 40 menit untuk tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Menurut data dari Pemkab Banyuwangi, jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi sendiri melonjak dari 7.826 orang pada 2010 menjadi lebih dari 366.164 pada 2018. Sedangkan untuk kunjungan wisatawan nusantara, melonjak dari 500 ribu wisatawan pada 2010 menjadi 5,3 juta orang pada 2018. Adapun wisatawan mancanegara (wisman) naik dari kisaran 7.000 pada 2010 menjadi 127.420 wisman pada 2018 lalu.

Banyuwangi memang memiliki  sejumlah destinasi yang menarik dan indah seperti Taman Nasional Baluran atau yang disebut juga Africa Van Java terletak di sebelah utara kota Banyuwangi, Kawah Ijen yang merupakan gunung active volcano, Pantai Pulau Merah, Pantai Boom, Pantai Watu Dodol, Teluk Hijau atau green bay serta Desa Osing yang warganya masih mempertahankan adat istiadat asli Banyuwangi.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.