(Photo: Endah Caratri/BD)

Lezatnya Sempol, Makanan Khas Malang

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Udaranya yang segar dan juga pemandangannya yang cantik menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk datang ke Malang. Salah satu destinasi wisata yang dituju para wisatawan di saat liburan. Kota ini juga memiliki wisata kuliner yang menggoda lidah kita untuk datang mencoba. Seperti bakso Malang salah satunya, rasanya sangat enak dan selalu dirindukan banyak orang. Saat ini ada satu makanan khas Malang yang juga disukai banyak orang, yaitu sempol. Nama sempol diambil dari tempat jajanan ini berasal yaitu desa Sempol di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

(Photo: Endah Caratri/BD)

(Photo: Endah Caratri/BD)

Sempol Malang adalah jenis makanan yang tampilannya menyerupai tempura dan terbuat dari adonan daging ayam giling yang telah dicampur dengan tepung terigu serta sagu (ada juga resep yang menggunakan tepung kanji). Setelah itu, adonan daging beserta terigu tersebut kemudian dililit pada tusuk sate dan dicelupkan ke dalam kocokan telur. Balutan telur yang ada pada permukaan sempol membuat rasa sempol Malang ini menjadi semakin nikmat. Biasanya sempol dimakan dengan saus merah yang pedas dan kecap atau bisa ditambahkan sambal kacang.

(Photo: Endah Caratri/BD)

Sempol ini sangat mudah ditemukan di kota Malang, cukup banyak pedagang kaki lima dan juga pedagang bersepeda motor yang menjualnya. Rasanya yang enak, gurih dan dan harganya yang relatif murah membuat makanan ini semakin digemari. Tidak hanya ayam, tetapi juga ada sempolan yang lain seperti sempolan ikan atau sempolan tahu.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.