Setelah Citilink, Xpress Air Membuka Rute Baru Banjarmasin – Banyuwangi

(Beritadaerah – Banyuwangi) Setelah Citilink yang membuka rute baru Banyuwangi – Denpasar, kini giliran maskapai nasional Xpress Air membuka rute baru. Bandara Banyuwangi di Jawa Timur kembali membuka rute penerbangan baru yakni jalur penerbangan dengan Xpress Air dari Banjarmasin – Banyuwangi mulai Sabtu (10/8). Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melalui facetime saat inaugural flight di Bandara Banyuwangi menyampaikan dengan penambahan ini maka semakin banyak kunjungan wisatawan.

Sehari sebelumnya, maskapai Citilink telah membuka jalur Denpasar – Banyuwangi pulang pergi yang beroperasi setiap hari dengan menggunakan pesawat Airbus 320. Kini, Bandara Banyuwangi melayani 6 jalur penerbangan. Selain dengan Kuala Lumpur, bandara internasional ini juga membuka jalur penerbangan ke Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Manado.

“Semoga penambahan rute baru ini, semakin menambah keberkahan bagi masyarakat Banyuwangi. Jumlah kunjungan wisatawan bisa semakin meningkat,” harap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang dikutip laman Banyuwangikab, Sabtu (10/8).

Anas melanjutkan, jalur ke Banjarmasin ini diharapkan bisa menjadi pintu gerbang ke Indonesia Timur. Xpress Air yang banyak beroperasi di Indonesia Timur, tentunya akan bisa menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan dari kawasan Timur Indonesia.

Jadwal keberangkatan dari Banjarmasin pada pukul 12.40 WITA dan tiba di Banyuwangi pada 12.55 WIB. Sedangkan kembali ke Banjarmasin pada 13.25 WIB dan tiba pada pukul 15.40 WITA. Pesawat yang digunakan berjenis Boeing 737 dengan kapasitas 123 penumpang dari 140 seat yang tersedia.

Manager Komersial Xpress Air Seran Kathirvelu mengatakan rute Banjarmasin-Banyuwangi dilayani dalam tiga kali seminggu, tepatnya pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Dengan dibukanya rute baru ini menunjukan bahwa potensi Banyuwangi yang sangat bagus dan seiring waktu load factor bisa terus ditingkatkan.

Dengan dibukanya rute baru dari Xpress Air ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berharap adanya peningkatan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyuwangi yang dikenal sebagai Bumi Blambangan memang memiliki sejumlah destinasi yang menarik bagi wisatawan seperti Taman Nasional Baluran atau yang disebut juga Africa Van Java terletak di sebelah utara kota Banyuwangi, Kawah Ijen yang merupakan gunung active volcano, Pantai Pulau Merah, Pantai Boom, Pantai Watu Dodol, Teluk Hijau atau green bay serta Desa Osing yang warganya masih mempertahankan adat istiadat asli Banyuwangi.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*