Bandara Long Ampung Kalimantan Utara (Foto: Kominfo)

Kalimantan Utara Siapkan Bandara Long Ampung Jadi Bandara Terdepan

(Beritadaerah – Kalimantan Utara) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memperkenalkan kehadiran Bandar Udara Long Ampung.

Bandara Long Ampung ini terletak di Kabupaten Malinau Selatan, Provinsi Kalimantan Utara, lokasi bandara yang berdekatan dengan wilayah perbatasan Malaysia, menjadikan bandara ini sebagai bandara terdepan di Pulau Kalimantan.

Berdiri sejak 1975, Bandara Long Ampung pada awalnya menjadi  penghubung desa Long Ampung dengan daerah lainnya di wilayah Kalimantan Utara. Bandara ini sudah mengalami dua kali pengembangan dan renovasi, sehingga mampu melayani calon penumpang dengan lebih baik.

“Kemenhub selalu berupaya membangun konektivitas bagi seluruh masyarakat, salah satunya melalui kehadiran Bandar Udara di wilayah perbatasan,” ujar Dirjen Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, Selasa (13/8).

Polana mengungkapkan bahwa Bandara Long Ampung menjadi salah satu bandara terdepan di Indonesia yang turut membangun wilayah perbatasan. “Konektivitas dan peningkatan ekonomi menjadi dorongan bagi kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan amanah undang-undang,” ujarnya.

Kehadiran bandara ini sangat membantu perkembangan eknomi di wilayah Kalimantan Utara ini, sebagaimana Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara Long Ampung, Muhamad Fadil mengatakan, bila menggunakan jalur darat Long Ampung – Samarinda memakan waktu 2-3 hari. Belum lagi jika dalam  kondisi hujan, dapat memakan waktu hingga 2 minggu.

“Sehingga keberadaan bandara sebagai transportasi udara sangat penting dan amat membantu masyarakat, terutama untuk pemerataan ekonomi dan distribusi barang kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Kondisi saat ini, Bandara Long Ampung memiliki runway 790 m X 30 m yang mampu melayani pesawat jenis Cessna C208B Grand Caravan, dan dengan terminal seluas 240 meter persegi yang mampu menampung 45 penumpang.

Pelayanan angkutan udara Bandara Long Ampung tahun 2019 secara komersial dan perintis dilayani oleh PT Susi Air, diantaranya rute Long Ampung – Samarinda PP, Long Ampung – Tanjung Selor PP, Long Ampung – Tarakan dan Long Ampung – Malinau PP.

Bandara Long Ampung juga melayani penerbangan Perintis Cargo dari Juwata Tarakan dilaksanakan oleh PT. SUSI Air dengan Jenis pesawat yang digunakan Cessna C208B Grand Caravan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Head of LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute), Partner in Management and Technology Division of Vibiz Consulting and Editor of Vibiz Media Network.

2 comments

  1. Pentingnya pembangunan ini untuk perbaikan fasilitas di Kalimantan Utara.

  2. Sangat bermanfaat bg kemajuan ekonomi masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.