(Photo: Endah Caratri/BD)

Gurihnya Soto Kudus Mbak Lin

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kota Semarang selalu memiliki kuliner yang menggoda lidah untuk dicoba. Salah satu kuliner yang perlu dicoba ketika datang ke Semarang adalah Soto Kudus Mbak Lin. Soto ini menyajikan soto ala Kudus dengan kuahnya yang gurih dan sedikit kental.

(Photo: Endah Caratri/BD)

Seperti umumnya soto Kudus, soto disajikan dalam mangkuk yang mungil dengan sendok bebek. Kalau isinya mirip dengan soto yang biasa, karena ada kecambah, irisan daun bawang, dan taburan bawang goreng. Tetapi memang berbeda karena mangkuknya penuh dengan taburan irisan bawang putih goreng berlimpah. Sehingga tampilannya sangat menggoda.

Anda tidak perlu kuatir dengan porsi yang mungil. Di atas meja ada banyak menu pendamping, ada aneka gorengan dan sate-satean yang menggugah selera, seperti sate telur, sate kerang, sate ayam bacem, sate paru, perkedel, tempe goreng, hingga lunpia. Juga tidak lupa disediakan kerupuk dan keripik.

(Photo: Endah Caratri/BD)

Kuahnya sangat terasa gurih karena kaldunya berpadu dengan sedikit santan. Itulah yang khas dari soto ini. Juga aroma bawangnya sangat terasa. Kuah yang gurih ini makin enak setelah dicampur sedikit sambal rawit, air jeruk nipis dan kecap manis. Jeruk nipis dan sambal disediakan di meja, supaya kita bisa mengambilnya sesuai selera.

Jika Anda ke Semarang, inilah salah satu kuliner yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Mobil dan motor selalu memenuhi parkirannya. Bahkan telah dibuka beberapa cabang di Semarang.  Kalau Anda berkunjung ke Semarang, pastikan juga untuk mencicipinya.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*