HBDI 2019, Presiden Tekankan Penggunaan Produk Buatan Dalam Negeri

(Beritadaerah – Jakarta) Dalam peluncuran Hari Belanja Diskon Indonesia 2019 (HBDI) di pusat perbelanjaan Senayan City Jakarta, Kamis (15/8), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan penggunaan dan pengutamaan produk buatan dalam negeri karena pasar Indonesia itu sangat besar.

HBDI 2019 sendiri berlangsung dari 16 hingga 31 Agustus 2019. Pada Pembukaan HBDI di The Hall Senayan City, Jakarta, menampilkan karya anak bangsa dalam bentuk Parade Merek Lokal Indonesia 2019.

Presiden Jokowi yang hadiri didampingi beberapa Menteri Kabinet Kerja dalam HBDI 2019 seperti Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Ketua Umum HIPPINDO, Budi Hardjo Iduansyah.

“Ini tugas para pengusaha lokal pemilik merek-merek inilah untuk mengisi pasar yang besar ini. Sehingga ketika barang luar negeri yang akan masuk, sudah penuh,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga menitipkan pesan kepada para pengunjung karena menurutnya pasar-pasar Indonesia harus didukung sebab produknya tidak kalah dibanding dari luar. Tidak hanya untuk merek dari luar negeri saja yang mengisi tempat strategis.

Kepala Negara juga mendorong ruang-ruang strategis di pusat-pusat perbelanjaan untuk diberikan ke merek-merek lokal dan meningkatkan kecintaan kita pada produk-produk dalam negeri.

HBDI 2019 berlangsung dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-74 pada 17 Agustus 2019, para peritel dan industri pendukung lainnya yang terdiri dari produsen, supplier, dan distributor mengadakan sebuah festival pesta kemerdekaan dalam bentuk “Hari Belanja Diskon Indonesia 2019”.

Penawaran khusus dari anggota HIPPINDO di seluruh pusat perbelanjaan yang mendukung acara ini di seluruh Indonesia, akan ‘bermain’ dengan konsep angka 74, sesuai peringatan HUT Republik Indonesia ke-74. Serta penawaran diskon atau potongan harga lainnya.

Sementara itu Menteri Pariwisata Arief Yahya yang turut hadir dalam peluncuran mengatakan, Kemenpar juga melakukan langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui wisata belanja. Langkah konkritnya, mendorong promosi produk wastra, Kriya lokal sebuah destinasi. Disamping itu juga mengusulkan tax refund yang kompetitif seperti negara-negara yang memiliki wisata belanja sangat maju.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

 

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*