(Photo: Chico/BD)

Jak Lingko Berikan Kenyamanan Bagi Penumpang

(Beritadaerah – Jakarta) Jak Lingko merupakan angkutan kota yang telah diresmikan oleh Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan saat ini beberapa route telah dilengkapi juga kendaraannya dengan AC. Tentunya ini disambut gembira oleh para warga yang memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Kata Jak berasal dari kata Jakarta, sedangkan Lingko artinya adalah jejaring atau integrasi yang diambil dari sistem persawahan tanah adat di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Nama ini digunakan karena mencerminkan makna jejaring atau integrasi seperti sistem transportasi yang sedang dibangun di Jakarta dan terintegrasi seperti MRT, LRT dan juga yang lain.

(Photo: Chico/BD)

Saat ini untuk biayanya masih 0 rupiah. Bagi setiap penumpang harus memiliki kartu Jak Lingko karena akan di tap oleh pengemudi ke mesin khusus yang ada di kursi pengemudi. Tentunya dengan mulai dioperasikannya kendaraan yang ber AC, akan semakin nyaman bagi penumpang yang naik. Ada sedikit perbedaan dengan angkutan umum lainnya, seperti pintu Jak Lingko tampak selalu tertutup rapat. Pintu akan terbuka ketika ada penumpang yang akan naik. Selain itu tidak akan mengetem selama berjam-jam seperti angkutan reguler, karena mereka akan mengambil penumpang di tiap pemberhentian bus yang ada tandanya.

(Photo: Chico/BD)

Dari hasil interview kami dengan salah seorang supir Jaklingko jurusan Tanah Abang – Kota, bapak Nana Eka, dia sampaikan bahwa banyak fasilitas yang diperoleh juga oleh pengemudi, penghasilan supir sesuai UMR DKI, bensin per hari Rp 250.000 untuk mobil AC, kalau non AC Rp 150.000, juga setoran ke pemilik mobil Rp 200.000 per hari. Sehingga supir tidak terbebani uang setoran. Jam kerja dibagi 2 shift, yaitu shift pertama jam 5 sd jam 12.00. Kemudian shift yang kedua jam 12.00 sd jam 21.30. Diharapkan dalam 1 shift, supir dapat mencapai minimal 3 rit utk rute nya.

(Photo: Chico/BD)

Keamanan dan kenyamanan pun sangat terjamin bagi para penumpang Jak Lingko. Pengemudi dan nomor mobil pun bisa diketahui jelas oleh penumpang jika terjadi apa-apa. Ada beberapa aturan bagi penumpang adalah dilarang makan dan minum di dalam mobil, membawa hewan peliharaan, serta membawa barang bawaan melebihi 30 x 30 x 30 centimeter.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

One comment

  1. O … ingin coba Jak Lingko yang ber AC.

    Emang nyaman naik Jak Lingko. Nggak ngetem lama2 sebagaimana angkutan umum lainnya. Pengemudi nggak ngebut2 an untuk rebutan penumpang demi uber setoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*