(Photo: Ruth/BD)

Nilai Sejarah Lapangan Merdeka Watampone Bone

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Lapangan Merdeka Watampone itu terletak di pusat kota Watampone, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Tempat ini setiap sore dan malam menjadi tempat berkumpulnya keluarga maupun anak-anak muda yang datang untuk menikmati suasana taman yang indah dan asri. Terlihat juga megahnya patung Arung Palakka “raja bone ke 15” yang disoroti lampu tepat ditengah taman bunga.

(Photo: Ruth/BD)

Alun-alun ini dinamakan Lapangan Merdeka karena di sinilah tempat awal rakyat kerajaan Bone menyatakan keinginannya bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dahulu disebelah utara alun-alun ini berdiri sebuah Tugu Merdeka yang betuliskan 1957 sebagai tanda bergabungnya kerajaan Bone dengan NKRI. Sangat wajar kalau Lapangan Merdeka terus diperindah karena banyak menyimpan catatan sejarah.

(Photo: Ruth/BD)

Saat ini Lapangan Merdeka Watampone dengan luas + 6.700 m2 atau 1,6 Ha dan berbentuk bujur sangkar ini berfungsi selain untuk upacara dan berbagai perayaan lainnya, juga menjadi sarana rekreasi warga Bone dari segala kalangan dan usia. Bahkan Lapangan Merdeka Watampone telah menjadi sebuah ikon baru dan spot wisata selain bagian dari sejarah dan budaya Bone.

(Photo: Ruth/BD)

Di sekeliling Lapangan Merdeka terdapat banyak kantor pemerintahan dan swasta yang menjadi pusat-pusat pelayanan publik. Diantaranya adalah Badan Pendapatan Daerah, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan. Selain itu di sisi barat ada rumah jabatan bupati Bone dan di sisi timur ada rumah jabatan wakil bupati Bone. Tak jauh dari tempat ini pun ada rumah jabatan Kapolres Bone serta Polsek Tanete Riattang.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.