ADEX 2019 di India, Wonderful Indonesia Raih Penghargaan Best Booth

(Beritadaerah – India) Promosi pariwisata Indonesia di beberapa negara khususnya Kawasan Asia terus gencar dilakukan dalam upaya menarik wistawan mancanegara (wisman). Salah satunya mengikuti Asia Dive Expo (ADEX) India Ocean Festival 2019 yang diselenggarakan pada 4-6 Oktober 2019 di Bombay Expo Center 2019, Mumbai, India.

Dalam acara tersebut Wonderful Indonesia meraih penghargaan Best Booth of The Year. Paviliun Wonderful Indonesia juga menyediakan games interaktif berhadiah suvenir khas Indonesia, door prize, dan kopi Indonesia yang dibuat langsung oleh barista untuk menarik perhatian pengunjung.

ADEX merupakan pameran internasional bertema diving yang diselenggarakan sejak 25 tahun lalu di Singapura, Beijing, dan Shanghai. ADEX merupakan ajang pertemuan industri, stakeholders, komunitas, dan penggiat wisata bahari, wisata selam, dan konservasi laut dari seluruh dunia. Ini merupakan yang pertama kalinya ADEX diselenggarakan di India.

Partisipasi Indonesia para acara ini bertujuan untuk menarik wisman minat khusus diving, hal tersebut disampaikan oleh Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional III Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Sigit Witjaksono di India, Senin (7/10).

“Apalagi karena meningkatnya awareness dan ketertarikan wisatawan India terhadap wisata bahari di Indonesia, melalui presentasi dan diskusi panel yang melibatkan narasumber dari Indonesia, aktivis, dan pegiat olahraga diving,” kata Sigit dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Selasa (8/10).

Kemenpar menempati booth seluas 54 m2 yang terletak di area B09-B14, sebagai Paviliun Wonderful Indonesia. Paviliun Wonderful Indonesia memfasilitasi 10 industri diving di Indonesia dimana pengunjung dapat langsung bertanya dan membeli paket-paket diving yang dijual di Indonesia kepada para pelaku industri.

Untuk meningkatkan pemahaman pengunjung mengenai wisata bahari di Indonesia, Kemenpar menghadirkan narasumber resmi sebagai guest speaker yaitu Daniel Abimanju Carnadie (Abie) yang juga sebagai Tim Percepatan Wisata Bahari Bidang 3 Wisata Bawah Air. Abie sudah berpengalaman selama 20 tahun menjadi penyelam professional dan telah aktif mendukung industri diving Indonesia.

India menjadi salah satu potensial pasar bagi Indonesia. Jumlah wisatawan negara ‘Anak Benua’ itu tercatat memiliki grafik positif. Pada 2012, tercatat ada sebanyak 196.983 kunjungan wisatawan India ke Indonesia. Namun menurut data resmi dari Badan Statistik Indonesia (BPS) jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat menjadi 588.509 pada 2018. Jumlah ini meningkat dibanding 2017 sebesar 485.314 kunjungan wisman asal India. Pada 2019, Kemenpar menargetkan 20 juta kunjungan wisman ke Indonesia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.