(Photo: Endah Caratri/BD)

Unik dan Gurihnya Kacang Kawangkoan

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Sulawesi Utara terkenal selalu memiliki banyak kuliner yang lezat di Indonesia. Selain itu pemandangannya pun sangat indah untuk dinikmati ketika kita bekunjung untuk wisata. Salah satu tempat yang indah alamnya adalah daerah Kawangkoan yang masuk di kawasan Tomohon, Minahasa. Jika anda bepergian menuju Tomohon terus ke Gunung Lokon, maka anda melewati daerah kecamatan yang bernama Kawangkoan. Di sepanjang jalan di daerah ini ada banyak kebun-kebun kacang tanah. Banyak kedai yang berjualan kacang, baik kacang yang masih mentah, maupun kacang yang sudah disangrai (digoreng tanpa minyak).

(Photo: Lonny/BD)

Kawangkoan ini memiliki udara yang sangat sejuk, karena memang berada di dataran tinggi sekitar 800 mdpl, selain itu memiliki potensi yang bsar di bidang pertanian dan perkebunan. Masyarakatnya bekerja sebagai petani kopi, sayur-mayur, cengkeh, jagung dan kacang-kacangan. Wilayah ini dapat dikatakan merupakan pemasok kacang terbesar untuk seluruh daerah Sulawesi Utara.

Kacang Kawangkoan ini lebih khasnya lagi adalah diolah dan dibuat menjad kacang sangrai. Masyarakat lokal mengenalnya dengan sebutan kacang tore. Caranya adalah mereka menyangrainya sekitar 45 menit dalam wajan besar dengan menggunakan bantuan pasir gunung. Dalam proses sangrai ini, akan ada gerakan memutar dan membolak-balikkan kacang di antara pasir, tidak boleh berhenti. Mereka harus terus mengaduknya. Karena jika tidak, kacang akan gosong. Tentunya proses sangrai ini dilakukan setelah kacang dijemur dahulu sampai benar-benar kering. Kacang yang enak dan gurih ini dijual cukup murah di daerah Sulawesi Utara, sehingga selalu menjadi oleh-oleh utama bagi setiap pengunjung yang datang.

(Photo: Endah Caratri/BD)

Terlihat dari ukuran kulit kacangnya yang jumbo, maka biji kacang di dalamnya juga besar-besar. Ada beberapa macam kacang Kawangkoan, yang pertama biji kacang yang berwarna merah (warna kulit arinya yang merah) dan yang kedua yang berwarna putih. Keunikan berikutnya adalah bentuk kacangnya yang seperti batik dengan ukuran kacang yang besar-besar. Sangat unik dan khas, kacang yang memiliki corak batik ini.

Jika Anda berlibur ke Sulawesi Utara dan berencana ke Tomohon, mampir jugalah ke Kawangkoan. Di wilayah penghasil kacang ini, Anda akan bisa melihat hamparan kebun kacang yang menghijau, sambil melihat para petani yang sedang beraktivitas menanam dan memanen kacang. Selain itu proses pembuatan kacang sangrai dapat juga dilihat, bahkan bisa langsung dibeli menjadi oleh-oleh dari petani yang menjualnya. Jangan dilewatkan kegurihan kacang Kawangkoan ini, ketika Anda ke Sulawesi Utara.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Partner in Financial, Accounting and Tax Services of Vibiz Consulting. She also wrote hundreds of Journals and Columns of financial, taxation, property, business and management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.