Jaga Kebersihan Kota Batam

Jaga Kebersihan Kota Batam

(Berita Daerah – Batam) Warga Batam diarahkan oleh Walikota Batam Muhammad Rudi untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Salah satunya, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Rudi menyampaikannya  saat membuka rapat Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2023 dan Penegakan Perda Kota Batam Nomor 11 Tahun 2013 di Kantor Wali Kota Batam,

Pesan dari walikota kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi. Jangan biasakan membuang sampah sembarang.

Diingatkan juga warga dapat mengurangi penggunaan barang sekali pakai dan juga penggunaan plastic, karena akan menambah volume sampah di Batam.

Dalam sehari, terdapat 1.000 ton sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur. Penanganan sampah ini, kata dia, butuh anggaran besar.

Mengurangi penggunaan barang sekali pakai, merupakan pelopor kebersihan Batam, Batam ini milik kita, kita yang jaga, kita yang bangun, demikian dikatakan Rudi.

Adapun, rapat Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2023 dan Penegakan Perda Kota Batam Nomor 11 Tahun 2013 itu diikuti semua lapisan masyarakat mulai tokoh agama, akademisi, pimpinan perusahaan, dan sebagainya.

Mengajak masyarakat lain untuk menjaga kebersihan. Dengan lingkungan bersih, maka akan berdampak pada kesehatan.

Rudi juga meminta masukan dari peserta rapat untuk masa depan Batam yang lebih baik dan Batam yang lebih bersih.

Dengan tujuan bagaimana Kota Batam bisa bersih bukan hanya tanggung jawab Pemko Batam, tapi juga masing-masing individu.

Diharapkan dapat mengetuk hati warga, bersih tidak sulit, tergantung dari masing – masing individu dan dapat untuk memulai. Batam sudah kategori bersih, tapi belum sesuai target yang diinginkan..

Membandingkan Batam dengan negara tetangga. negara seperti Singapura sangat ketat aturan dan sukses membangun kesadaran warganya.

Batam sudah jadi pembicaraan dunia, tidak hanya tingkat nasional. Tidak perlu menuduh orang lain dalam membuang sampah sembarangan, Mulai saja dari kita semua demikian dikatakan Rudi.

Dalam kegiatan itu dilakukan  juga penandatanganan komitmen menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

Batam sedang gencar membangun agar menjadi kota modern, kebersihan tentu harus jadi perhatian bersama.